Penerapan penilaian portofolio terhadap mata pelajaran strategi pemasaran kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMKN 1 Pasuruan (Kompetensi Dasar Memahami Proses Pengembangan Produk Baru) / Iqfira Lintang Andadhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penilaian portofolio terhadap mata pelajaran strategi pemasaran kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMKN 1 Pasuruan (Kompetensi Dasar Memahami Proses Pengembangan Produk Baru) / Iqfira Lintang Andadhari

Andadhari, Iqfira Lintang (2016) Penerapan penilaian portofolio terhadap mata pelajaran strategi pemasaran kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMKN 1 Pasuruan (Kompetensi Dasar Memahami Proses Pengembangan Produk Baru) / Iqfira Lintang Andadhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andadhari Iqfira Lintang. 2016. Penerapan Penilaian Portofolio terhadap Mata Pelajaran Strategi Pemasaran Kelas X Progam Keahlian Pemasaran di SMK N 1 Pasuruan (Kompetensi Dasar Memahami Proses Pengembangan Produk Baru). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata Kunci Penilaian Portofolio Penilaian Kognitif Penilaian Psikomotorik Strategi Pemasaran Materi strategi pemasaran yaitu meliputi pengertian produk dan tahap-tahap proses pengembangan produk baru. Pembelajaran ini merupakan gabungan dari teori dan praktik sehingga perlu di tunjang dengan penilaian kognitif dan psikomotorik yang sesuai dengan materi strategi pemasaran dan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menjelaskan bahwa penilaian portofolio merupakan kumpulan bukti fisik hasil nilai setiap siswa maka dari itu setiap siswa diwajibkan mempunyai arsip nilai tersendiri sebagai bukti pencapaian hasil belajar siswa. Pengembangan penilaian ini hanya menggunakan 5 (lima) langkah sebagai berikut (1) studi kepustakaan (2) survey lapangan (3) pengembangan instrumen (4) uji coba terbatas dan (5) revisi hasil uji coba. Produk hasil pengembangan ini diuji coba melalui validasi isi dan uji coba terbatas. Validasi isi penilaian kognitif dan psikomotorik dilakukan oleh 2 dosen Manajemen dan 1 guru Pemasaran. Uji coba terbatas penilaian kognitif dan uji keterbacaan penilaian psikomotorik dilakukan terhadap 32 siswa SMK. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket hasil validasi dan uji keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran strategi pemasaran dalam bentuk cetak. Hasil validasi isi oleh validator ahli pada penilaian kognitif memiliki persentase rata-rata 83.2% dengan kriteria kelayakan sangat layak dan penilaian psikomotor memiliki persentase rata-rata 80.2% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Hasil analisis tingkat kesukaran soal terdapat 5 soal dinayatakan mudah dan 10 soal dinayatakan sedang sedangkan hasil analisis daya pembeda soal diperoleh 7 soal dinyatakan very good item 4 soal dinyatakan reasonably good 2 soal dinyatakan marginal items dan 2 soal dinyatakan poor item. Hasil uji keterbacaan pada instrumen penilaian psikomotorik dinyatakan sangat sangat layak/ sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya dengan persentase antara 76%-100%. Berdasarkan hasil validasi ahli serta uji coba terbatas menunjukkan bahwa secara umum penilaian kognitif dan psikomotorik telah valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27994

Actions (login required)

View Item View Item