Perbedaan hasil belajar model pembelajaran snowball throwing dan think talk write pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X tei di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Riky Yoga Ardinata - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar model pembelajaran snowball throwing dan think talk write pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X tei di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Riky Yoga Ardinata

Ardinata, Riky Yoga (2022) Perbedaan hasil belajar model pembelajaran snowball throwing dan think talk write pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X tei di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Riky Yoga Ardinata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yoga A. Riky. 2022. Perbedaan Hasil Belajar Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Think Talk Write Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Tei Di Smkn 1 Jenangan Ponorogo. Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hari Putranto M.Pd. Pembimbing (II) Yogi Dwi Mahandi S.Pd. M.T. Kata Kunci Model Pembelajaran Snowball Throwing Think Talk Write Hasil Belajar Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tahapan awal yang dihadapi siswa dalam belajar tentang teknik elektro yaitu mengenai pemahaman Dasar Listrik dan Elektronika. Model pembelajaran Snowball Throwing dan Think Talk Write dapat membimbing siswa dalam pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika untuk dirinya sendiri dengan memodifikasi penemuannya dengan teman dan guru dalam hal ini berarti terdapat kombinasi antara pembelajaran individu dengan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan Model Pembelajaran Snowball throwing (2) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan Model Pembelajaran Think talk write (3) Mengidentifikasi signifikansi perbedaan penerapan model pembelajaran Snowball throwing dan model pembelajaran Think talk write Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X TEI SMKN 1 Jenangan Ponorogo (4) Efektifitas penerapan model pembelajaran Snowball throwing dan model pembelajaran Think talk write terhadap hasil belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X TEI SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan tipe pre-test post-test control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dan Think Talk Write dan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar. Sampel penelitian terdiri dari 63 siswa yang terbagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji T dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan model pembelajaran Snowball Throwing dan Think Talk Write dibuktikan dengan tes hasil belajar Snowball Throwing sebesar 82 dan Think Talk Write sebesar 77. Terdapat perbedaan antara model pembelajaran Snowball Throwing dan Think Talk Write dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test yaitu 0 014 lt 0 05. Hasil uji efektivitas model pembelajaran Snowball Throwing sebesar 73 62% lebih efektiv digunakan dibandingkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write sebesar 65 31% .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 25 Mar 2024 07:04
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279939

Actions (login required)

View Item View Item