Perbedaan hasil belajar ranah kognitif instalasi motor listrik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran explicit instruction berbantuan ekts dan kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi ekts pada peserta didik kelas xi kompetensi keahlian titl di SMK Negeri 2 Sukorejo / Fauzi Andi Finzaqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar ranah kognitif instalasi motor listrik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran explicit instruction berbantuan ekts dan kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi ekts pada peserta didik kelas xi kompetensi keahlian titl di SMK Negeri 2 Sukorejo / Fauzi Andi Finzaqi

Finzaqi, Fauzi Andi (2022) Perbedaan hasil belajar ranah kognitif instalasi motor listrik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran explicit instruction berbantuan ekts dan kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi ekts pada peserta didik kelas xi kompetensi keahlian titl di SMK Negeri 2 Sukorejo / Fauzi Andi Finzaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aspek berpikir aatu bernalar menjadi bagian tidak terpisahkan dalam hasil belajar kognitif. Berkenaan dengan hal tersebut penting bagi guru untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti untuk menemukan pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction dan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan EKTS dalam peningkatan hasil belajar. Aspek yang ditingkatkan dalam penelitian ini berfokus pada ranah kognitif. Penelitian ini juga berfokus pada perbedaan hasil belajar dan penggunaan model belajar paling efektif dari pemodelan yang digunakan pada peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 2 Sukorejo. Penelitian ini menggunakan desain Quashi Experimental Design dengan sampel yang diberi perlakuan soal post-test pada penggunaan model pembelajaran explicit instruction dan problem based learning berbantuan EKTS. Metode yang dipilih Nonequivalent Control Group Design di mana sampel ditentukan dari peserta didik kelas XI TITL 1 (explicit instruction) dan kelas XI TITL 2 (problem based learning) dengan bantuan EKTS. Temuan penelitian menghasilkan skor rerata awal pada hasil belajar kelas XI TITL1 sebesar 72 667 dan XI TITL 2 sebesar 71 20. Sementara skor rerata hasil akhir diperoleh hasil belajar kelas XI TITL 1 sebesar 82 5333 dan XI TITL 2 sebesar 89 0667. Pada uji hipotesis yang dilakukan bernilai 0 005 lebih kecil dari taraf signifikansi 0 05. Simpulan penelitian ini terinci dalam tiga poin. Pertama kemampuan awal yang tercermin pada post-test di kelas eksperimen 1 (Explicit Instruction berbantuan EKTS) menghasilkan nilai sebesar 82 5333 sedangkan pada kelas eksperimen 2 (Problem Based Learning berbantuan EKTS) nilai yang diperoleh mencapai 89 0667. Kedua kelas diberi perlakuan sama pada pemberian bantuan EKTS tetapi model pembelajaran yang digunakan berbeda. Kedua hasil belajar peserta didik di kelas XI TITL 1 (Explicit Instruction berbantuan EKTS) dan XI TITL 2 (Problem Based Learning berbantuan EKTS) menunjukkan signifikansi perbedaan yang nyata. Ketiga model belajar problem based learning menjadi yang paling efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran Instalasi motor Listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 04 Apr 2024 03:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279938

Actions (login required)

View Item View Item