Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dasar listrik dan elektronika melalui penerapan model pembelajaran search, solve, create and share dibandingkan probing prompting dipadu strategi induktif kelas X TEI di SMKN 2 Probolinggo / Andi Khoirudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dasar listrik dan elektronika melalui penerapan model pembelajaran search, solve, create and share dibandingkan probing prompting dipadu strategi induktif kelas X TEI di SMKN 2 Probolinggo / Andi Khoirudin

Khoirudin, Andi (2022) Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dasar listrik dan elektronika melalui penerapan model pembelajaran search, solve, create and share dibandingkan probing prompting dipadu strategi induktif kelas X TEI di SMKN 2 Probolinggo / Andi Khoirudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kemampuan berpikir yang tidak hanya mengingat tetapi membutuhkan kemampuan lain seperti analisa evaluasi dan mencipta. Kemampuan berpikir kritis dapat menunjang proses dan hasil belajar siswa. Pemilihan jenis model dan strategi pembelajaran yang tepat mampu meningkatkan perkembangan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa. Melalui penerapan model pembelajaran Search Solve Create and Share dan Probing Prompting dipadu strategi induktif siswa dituntut aktif mengidentifikasi permasalahan dan menyusun alternatif solusi secara mandiri berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki dan situasi baru yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi experimental design dengan tipe pretest-posttest group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TEI 1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapat perlakuan model Search Solve Create and Share dipadu strategi induktif dan kelas X TEI 2 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen 2 mendapat perlakuan Probing Prompting dipadu strategi induktif. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test pada data nilai posttest kedua kelas eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa yang mendapat perlakuan model Search Solve Create and Share dibandingkan model Probing Prompting. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis sebesar 0.027 dan hasi belajar sebesar 0.028 dimana nilai keduanya lebih kecil dari 0.05. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen 2 memiliki perkembangan berpikir kritis dan rata-rata nilai posttest hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada kedua kelas eksperimen setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen 2 mengalami perkembangan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 1. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Probing Prompting dipadu strategi induktif dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279935

Actions (login required)

View Item View Item