Pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik untuk kelas XI progam keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK / Norwandy Setianda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik untuk kelas XI progam keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK / Norwandy Setianda

Setianda, Norwandy (2022) Pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik untuk kelas XI progam keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK / Norwandy Setianda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa yang belum memiliki buku pegangan atau sebagai matapelajaran Instalasi Penerangan Listrik sesuai Silabus Program Studi Nasional Keahlian Teknik Elektro menjadi motivasi penelitian yang berujung pada pengembangan modul ini. Kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik Namun ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan instruksi guru. Karena ilmu yang dihasilkan masih bersumber dari instruktur hal ini berdampak negatif terhadap kemampuan dan penjelasan mahasiswa serta referensi yang diharapkan dapat mendukung matapelajaran Instalasi Penerangan Listrik berdampak signifikan terhadap proses pembelajaran. Modul Di Program Studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan mempelajari tentang instalasi penerangan rdquo demikian judul penelitian tersebut. bertujuan untuk menghasilkan modul yang dapat membantu siswa dan guru dalam pembelajarannya Modul Instalasi Penerangan Listrik sebagai bahan ajar. Metode yang dipergunakan merupakan penelitian dan pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangan Modul pada penelitian meliputi 10 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produk masal. Modul pembelajaran yang telah mendapat validasi ahli oleh Dosen Pembimbing 1 (dinyatakan valid hingga 96 97%) Dosen Pembimbing 2 (dinyatakan valid hingga 92 42%) Guru Ahli (dinyatakan valid hingga 87 88%) Uji Coba Kelompok Kecil (dinyatakan valid hingga 87 64%) dan Uji Coba Kelompok Besar (dinyatakan valid hingga 87 64%). Dimungkinkan dan dapat digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik karena proporsi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279934

Actions (login required)

View Item View Item