Interaksi penerapan model learning cycle 5E berbasis STEAM (hybrid) dan model konvensional learning cycle 5E berbasis STEAM dengan tingkat minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah sistem kontrol elektropneumatik pada siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 1 Kota Kediri / Wiwit Livia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi penerapan model learning cycle 5E berbasis STEAM (hybrid) dan model konvensional learning cycle 5E berbasis STEAM dengan tingkat minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah sistem kontrol elektropneumatik pada siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 1 Kota Kediri / Wiwit Livia Putri

Putri, Wiwit Livia (2022) Interaksi penerapan model learning cycle 5E berbasis STEAM (hybrid) dan model konvensional learning cycle 5E berbasis STEAM dengan tingkat minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah sistem kontrol elektropneumatik pada siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 1 Kota Kediri / Wiwit Livia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan selama kegiatan asistensi mengajar di SMK Negeri 1 Kota Kediri diperoleh kondisi tidak sedikit memiliki tingkat minat belajar yang masih minim. Tujuannya untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen (2) mengungkap signifikansi interaksi minat belajar (3) mengungkap signifikansi perbedaan kemampuan pemecahan masalah karena pengaruh penerapan variasi model pembelajaran dan tingkat minat belajar dan (4) mengungkap perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang paling signifikansi. Pene1itian ini menggunakan bentuk penelitian true experimental design dengan faktorial 2x2. Teknik analisi yang dilakukan berupa pengujian two way anova dan post-hoc comparison. Hasil kemampuan pemecahan masalah didapatkan melalui posttest yang dikerjakan setelah melaksanakan pembelajaran. Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah (1) AM1 83.75 AM2 77.35 BM1 78.82 BM2 64.41 (2) terdapat interaksi antara penerapan variasi model pembelajaran dengan tingkat minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah (3) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan variasi model pembelajaran dengan tingkat minat belajar (4) terdapat perbedaan yang paling signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan variasi model pembelajaran dengan tingkat minat belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan pemecahan masalah AM1 AM2 dan BM1 sangat tinggi sedangkan BM2 tinggi terdapat interaksi antara penerapan variasi model pembelajaran dengan tingkat minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah (3) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan variasi model pembelajaran dengan tingkat minat belajar (4) perbedaan yang paling signifikan terdapat pada pasangan kelas AM1 dengan BM2 AM2 dengan BM2 dan BM1 dengan BM2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279933

Actions (login required)

View Item View Item