Interaksi penerapan model pembelajaran TSOI dipadu STEAM dan model pembelajaran TSOI hybrid learning dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X TITLl di SMK Negeri 3 Boyolangu / Shinta Putri Ikadayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi penerapan model pembelajaran TSOI dipadu STEAM dan model pembelajaran TSOI hybrid learning dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X TITLl di SMK Negeri 3 Boyolangu / Shinta Putri Ikadayani

Ikadayani, Shinta Putri (2022) Interaksi penerapan model pembelajaran TSOI dipadu STEAM dan model pembelajaran TSOI hybrid learning dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X TITLl di SMK Negeri 3 Boyolangu / Shinta Putri Ikadayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi hasil belajar. Setiap siswa memiliki tingkat keaktifan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap deskripsi hasil belajar akibat penerapan variasi model pembelajaran dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan pada tiap kelas eksperimen (2) mengungkap interaksi penerapan variasi model pembelajaran dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa (3) mengungkap perbedaan hasil belajar yang signifikan akibat interaksi antara penerapan variasi model pembelajaran dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan dan (4) mengungkap perbedaan hasil belajar yang paling signifikan diantara keempat kelas eksperimen akibat interaksi antara penerapan variasi model pembelajaran dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas dari siswa kelas X kompetensi keahlian TITL di SMK Negeri 3 Boyolangu. Kedua kelas tersebut akan dikelompokkan menjadi 4 kelompok berdasarkan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan penerapan variasi model pembelajaran dipadu STEAM. Pengelompokan dilakukan secara acak berdasarkan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan cara observasi pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dengan indikator-indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalur dan Post-Hoc Comparison. Hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika diukur menggunakan soal posttest sejumlah 20 soal. Hasil analisis data dan kesimpulan yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar kelas AK1 sebesar 79 47 pada kategori sangat tinggi kelas AK2 sebesar 66 94 pada kategori tinggi kelas BK1 sebesar 83 42 pada kategori sangat tinggi dan kelas BK2 sebesar 78 16 pada kategori sangat tinggi (2) terdapat interaksi penerapan variasi model pembelajaran dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan akibat interaksi antara penerapan variasi model pembelajaran dipadu STEAM dengan tingkat keaktifan dan (4) perbedaan hasil belajar paling signifikan terdapat pada kelas AK1 dengan kelas AK2 kelas AK2 dengan kelas BK1 dan kelas AK2 dengan kelas BK2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279932

Actions (login required)

View Item View Item