Hubungan keterampilan pembelajaran mikro dan regulasi diri terhadap kesiapan mengajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Hasanul Husna - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan pembelajaran mikro dan regulasi diri terhadap kesiapan mengajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Hasanul Husna

Husna, Hasanul (2022) Hubungan keterampilan pembelajaran mikro dan regulasi diri terhadap kesiapan mengajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Hasanul Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai salah satu program studi Universitas Negeri Malang S1 PTE (Pendidikan Teknik Elektro) terdiri atas bidang keguruan dan keteknikan. Dalam bidang keguruan program pendidikan ini mengajarkan lulusannya untuk memiliki keterampilan sosial pedagogik kepribadian dan profesional. Bagi lulusannya dapat mengisi bidang tenaga kependidikan khususnya kelistrikan pada jenjang SMK ataupun dapat mengisi posisi pada lembaga pelatihan sebagai instruktur. Khusus S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE) secara linier menyiapkan lulusannya untuk terjun di dunia pendidikan. Dalam mempersiapkan hal tersebut program studi ini mewajibkan mahasiswa S1 PTE untuk menempuh pembelajaran mikro guna membekali diri sebelum mengajar di sekolah. Hal tersebut berkaitan dengan kesiapan mahasiswa dalam pencapaian tujuan melalui aktualisasi diri untuk membentuk regulasi diri secara mandiri. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan pembelajaran mikro (X1) regulasi diri (X2) dan kesiapan mengajar mahasiswa (Y) (2) mengungkap hubungan secara parsial antara X1 dengan Y (3) mengungkap hubungan secara parsial antara X2 dengan Y dan (4) mengungkap hubungan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan deskripsi korelasional. Mahasiswa PTE tahun 2017 dan 2018 yang telah menyelesaikan mata kuliah pembelajaran mikro ditetapkan sebagai sampel yang diteliti. Pengujian terhadap data menggunakan uji hipotesis dan uji korelasi parsial dengan bantuan SPSS. Pengujian dimaksudkan untuk menemukan keterkaitan baik secara parsial antara variabel bebas dengan variabel terikat maupun secara simultan. Adapun kuesioner menjadi instrumen dalam penelitian ini dan ditentukan menggunakan skala likert 4. Hasil dari variabel yang diteliti secara berturut-turut sebesar 0.958 (X1) 0.933 (X2) dan 0.967 (Y) pada tingkatan reliabilitasnya. Hasil dari penelitian adalah (1) X1 dalam kategori sangat tinggi (2) X2 dalam kategori sangat tinggi (3) Y dalam kategori sangat tinggi (4) koefisien korelasi parsial X1 dengan Y sebesar 0 436 dengan taraf signifikansi 0 000 (5) koefisien korelasi parsial X2 dengan Y sebesar 0 554 dengan taraf signifikansi 0 000 (6) koefisien korelasi secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y sebesar 0 834 dengan taraf signifikansi 0 000. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara X2 dengan Y dan terdapat hubungan secara simultan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279931

Actions (login required)

View Item View Item