Interaksi penerapan model pembelajaran REACT dipadu strategi AKS dibandingkan model pembelajaran REACT dipadu strategi PCP dengan tingkat pemahaman konsep terhadap terhadap hasil belajar DLE kelas X TITL SMKN 2 Lamongan / Hatta Razhasya Andi Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi penerapan model pembelajaran REACT dipadu strategi AKS dibandingkan model pembelajaran REACT dipadu strategi PCP dengan tingkat pemahaman konsep terhadap terhadap hasil belajar DLE kelas X TITL SMKN 2 Lamongan / Hatta Razhasya Andi Pratama

Pratama, Hatta Razhasya Andi (2022) Interaksi penerapan model pembelajaran REACT dipadu strategi AKS dibandingkan model pembelajaran REACT dipadu strategi PCP dengan tingkat pemahaman konsep terhadap terhadap hasil belajar DLE kelas X TITL SMKN 2 Lamongan / Hatta Razhasya Andi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar menunjukkan seberapa baik siswa memahami suatu konsep dari materi pelajaran yang diajarkan. Kurikulum merdeka belajar pada fase E awal mengungkapan capaian lulusan salah satunya harus dapat menguasai aspek kompetensi yaitu pengetahuan. Penerapan strategi Active Knowledge Sharing dan Point Counterpoint dapat menjadi pilihan karena tahapan pembelajaran yang aktif yang akan berakibat pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui deskripsi hasil belajar dasar listrik dan elektronika (2) Mengungkap adanya interaksi model pembelajaran dipadu strategi pembelajaran dengan tingkatan pemahaman konsep terhadap hasil belajar (3) Mengungkap perbedaan yang signifikan hasil belajar dasar listrik dan elektronika antara model pembelajaran dipadu strategi pembelajaran dengan tingkat pemahaman konsep (4) Mengungkap perbedaan yang signifikan antar pasangan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode true experiment dengan desain factorial 2x2. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TITL SMKN 2 Lamongan sejumlah 58 siswa. Teknik analisis menggunakan ANOVA dua jalur dan post-hoc comparison. Hasil Penelitian menujukan bahwa hasil belajar tingkatan pemahaman konsep tinggi dengan penerapan model pembelajaranREACT dipadu strategi AKS mendapatkan rata-rata nilai sangat tinggi tingkatan rendah pemahaman konsep dengan penerapan model pembelajaranREACT dipadu strategi AKS mendapatkan rata-rata nilai sedang tingkatan tinggi pemahaman konsep dengan menerapkan model pembelajaranREACT dipadu strategi PCP mendapatkan rata-rata nilai tinggi dan tingkat pemahaman konsep rendah dengan penerapan model pembelajaranREACT dipadu strategi PCP mendapatkan rata-rata nilai sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) rata-rata nilai hasil belajar kelas AT sangat tinggi rata-rata nilai hasil belajar kelas AR sedang rata-rata nilai hasil belajar kelas PT tinggi rata-rata nilai hasil belajar kelas PR sedang (2) ada interaksi tingkat pemahaman konsep dengan model pembelajaran dipadu strategi pembelajaran terhadap hasil belajar (3) ada perbedaan yang signifikan antar kelas tingkat pemahaman konsep dan penerapan model pembelajaran dipadu strategi pembelajaran terhadap hasil belajar (4) perbedaan yang paling signifikan yaitu pada kelas AT dengan PT AT dengan PR dan AT dengan AR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279923

Actions (login required)

View Item View Item