Pengembangan sumber belajar berupa modul PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) pada mata pelajaran perangkat pembangkit di SMK PGRI 3 Malang / Titania Monica - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar berupa modul PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) pada mata pelajaran perangkat pembangkit di SMK PGRI 3 Malang / Titania Monica

Monica, Titania (2022) Pengembangan sumber belajar berupa modul PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) pada mata pelajaran perangkat pembangkit di SMK PGRI 3 Malang / Titania Monica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia memiliki kapasitas energi baru dan terbarukan (EBT) yang berlimpah akan tetapi penggunaannya tergolong masih sangat minim padahal energi terbarukan merupakan kontributor utama untuk mencapai tujuan penurunan emisi karbon pada tahun 2030 mendatang. Berdasarkan data dari kementrian ESDM (2021) terdapat 6 EBT yang ada di Indonesia dan energi bayu merupakan energi terbarukan yang memiliki potensi energi terbesar ketiga setelah surya dan hidro. Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat pemerintah ikut andil dalam bidang pendidikan salah satunya dengan menciptakan program keahlian yang dikhususkan untuk mempelajari tentang EBT yakni program keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik (TPTL). Terdapat beberapa mata pelajaran dalam program keahlian ini salah satunya adalah mata pelajaran Perangkat Pembangkit yang didalamnya terdapat beberapa indikator yang harus diraih oleh peserta didik. Agar indikator bisa diraih dengan baik maka dibutuhkan adanya suatu sumber belajar yang layak untuk digunakan salah satunya adalah modul pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik program keahlian teknik pembangit tenaga listrik di SMK PGRI 3 Malang yang sedang menempuh mata pelajaran perangkat pembangkit. Hasil yang diperoleh Nilai validitas akhir yang didapatkan dari validator ahli adalah 97 67% dari uji coba kelompok kecil didapatkan nilai sebesar 92 96% dan dari uji coba kelompok besar didapatkan nilai sebesar 90 69%. Karena nilai validitas yang didapatkan dari pengembangan modul PLTB 81% dan masuk dalam kriteria sangat valid maka modul PLTB yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak diterapkan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran perangkat pembangkit di SMK PGRI 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279906

Actions (login required)

View Item View Item