Pengaruh self confidence dan locus of control terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen / Genjang Prasindi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self confidence dan locus of control terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen / Genjang Prasindi

Prasindi, Genjang (2016) Pengaruh self confidence dan locus of control terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen / Genjang Prasindi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasindi Genjang. 2016. Pengaruh SelfConfidence dan LocusofControl terhadap Hasil Belajar Produktif Siswa Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si (II) Dr. Sopiah M.Pd M.M. Kata Kunci Hasil Belajar SelfConfidence dan LocusofControl. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor internal salah satunya adalah selfconfidence(kepercayaan diri) dan locusofcontrol (pusat kendali). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi hasil belajar selfconfidence dan locusofcontrol siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen (2) Pengaruh selfconfidenceterhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen (3) pengaruh locusofcontrol terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 69 siswa untuk sampel sebanyak 59 siswa menggunakan rumus Solvin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 responden. Uji validitas menggunakan teknik ProductMoment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus AlphaCronbach. Teknik analisis data analisis deskriptif uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS v 23. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Hasil belajar mata pelajaran produktif strategi pemasaran siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen termasuk kategori baik. Selfconfidencesiswa termasuk kategori cukup. Locusofcontrolinternal siswa adalah sangat tinggi untuk locusofcontroleksternal siswa termasuk kategori rendah (2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan selfconfidence terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif strategi pemasaran siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen denganthitung -2 039 dan Sig 0 046 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan locusofcontrolterhadap hasil belajar mata pelajaran produktif strategi pemasaran siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen dengan thitung 4 544 dan Sig 0 000. Berdasarkan pada kesimpulan maka saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi siswa diharapkan tetap pada tingkat kepercayaan dirinya sendiri selama itu memang dapat meningkatkan hasil belajarnya siswa hendaknya memilikilocusofcontrol internal yang tinggi jika ingin mendapatkan hasil belajar yang baik (2) Bagi guru sebagai pendidik diharapkan mampu menjadi fasilitator dalam menunjang keberhasilan belajar muridnya. (3)Bagi peneliti lain jika ingin melakukan penelitian sejenis disarankan untuk benar-benar memahami variabel-variabel yang akan digunakan variabel-variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan juga teori-teori serta beberapa jurnal yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27989

Actions (login required)

View Item View Item