Pengaruh minat kesiapan dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktik siswa kelas X Tata Niaga SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Pamela Yulianita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat kesiapan dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktik siswa kelas X Tata Niaga SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Pamela Yulianita

Yulianita, Pamela (2016) Pengaruh minat kesiapan dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktik siswa kelas X Tata Niaga SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Pamela Yulianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianita Pamela. 2016. Pengaruh Minat Kesiapan Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata Kunci minat belajar kesiapan belajar lingkungan belajar hasil belajar Dalam kehidupannya manusia tidak pernah terlepas dari aktivitas atau kegiatan belajar. Dalam keseluruhan proses pendidikan kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting. Dalam dunia pendidikan dan pengajaran hasil belajar memegang peranan yang penting. Pencapaian hasil belajar yang optimal dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain minat siswa kesiapan belajar siswa dan lingkungan belajar. Tujuan penelitian (1) deskripsi minat belajar kesiapan belajar dan lingkungan belajar (2) deskripsi hasil belajar siswa (3) pengaruh minat belajar kesiapan belajar lingkungan belajar secara parsial terhadap hasil belajar (4) pengaruh minat belajar kesiapan belajar lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar (5) pengaruh dominan minat belajar kesiapan belajar lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu minat belajar (X1) kesiapan belajar (X2) lingkungan belajar (X3) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Populasi penelitian adalah siswa kelas X Tata Niaga di SMK Negeri 1 Boyolangu berjumlah 117 siswa dengan sampel 90 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Hasil belajar diklasifikasikan sangat rendah (90). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari guru tentang nilai siswa pada rapor semester gasal. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) metode kuesioner dan (2) metode dokumentasi. Uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai tolerance dan VIF pada model regresi (3) Uji Heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot. Hasil penelitian menyimpulkan (1) hasil analisis data deskriptif diketahui minat belajar siswa dalam deskripsi baik kesiapan belajar siswa dalam kategori baik lingkungan belajar siswa dalam kategori baik (2) perhitungan uji t diketahui tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa (3) perhitungan uji F dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang poitif dan signifikan antara minat belajar kesiapan belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa (4) minat belajar merupakan variabel dominan yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah sebaiknya dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kondisi lingkungan sekolah secara optimal (2) Bagi guru/wali kelas sebaiknya memiliki kedekatan yang baik dengan siswa menambah variasi terkait model pembelajaran dan memotivasi siswa untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi (3) Bagi siswa sebaiknya meningkatkan kegemaran membaca buku produktif mengulang materi produktif dan membiasakan belajar secara rutin (4) bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa seperti kesehatan cacat tubuh inteligensi perhatian bakat motif kematangan kelelahan cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah keadaan ekonomi keluarga pengertian orang tua latar belakang kebudayaan kegiatan siswa dalam masyarakat mass media teman bergaul bentuk kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27984

Actions (login required)

View Item View Item