Pengembangan bahan ajar yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis kontekstual berbantuan teka-teki silang pada kompetensi dasar proses perencanaan strategi produk baru (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Fitrita Rahma Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis kontekstual berbantuan teka-teki silang pada kompetensi dasar proses perencanaan strategi produk baru (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Fitrita Rahma Ulum

Ulum, Fitrita Rahma (2016) Pengembangan bahan ajar yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis kontekstual berbantuan teka-teki silang pada kompetensi dasar proses perencanaan strategi produk baru (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Fitrita Rahma Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulum Fitrita Rahma. 2016. Pengembangan Bahan Ajar yang Menyenangkan Edukatif dan Inovatif Berbasis Kontekstual Berbantuan Teka-teki Silang Pada Kompetensi Dasar Proses Perencanaan Strategi Produk Baru. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mohammad Hari M.Si. (2) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci Bahan Ajar berbasis Kontekstual berbantuan Teka-teki Silang. Bahan ajar merupakan bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran baik bentuk cetak maupun non cetak yang memuat materi sehingga dapat membantu guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK PGRI 2 Malang masalah yang timbul adalah belum tersedianya bahan ajar berbasis kontekstual dan yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas X jurusan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Bahan Ajar yang menyenangkan edukatif dan inovatif berbasis kontekstual pada kompetensi dasar proses perencanaan strategi produk baru untuk siswa kelas X jurusan pemasaran di SMK PGRI 2 Malang dan untuk mengetahui efektifitas kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi melalui 9 tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) Pengembangan format produk awal (4) Validasi Produk (5) Revisi hasil validasi produk (6) Uji coba Lapangan Terbatas (7) Revisi hasil uji coba Lapangan Terbatas (8) Uji coba lapangan (9) Revisi hasil uji coba lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diisi oleh 1 orang ahli desain bahan ajar 2 orang ahli materi 10 siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang sebagai uji coba pengguna terbatas dan 40 siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang sebagai uji coba lapangan. Hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi berupa uji kelayakan dan dan berdasarkan hasil respon siswa untuk mengetahui efektifitas kelayakan bahan ajar. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa ahli materi memberikan penilaian 97 06% terhadap buku siswa dan 94 44% terhadap buku pedoman guru dan ahli desain bahan ajar memberikan penilaian sebesar 98 21% terhadap buku siswa dan 99 03% terhadap buku pedoman guru. Sedangkan hasil respon siswa dari uji coba pengguna terbatas memperoleh persentase sebesar 81 84% serta hasil respon siswa dari uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 77%. Dengan demikian bahan ajar yang menyenangkan edukatif dan inovatif berbasis kontekstual berbantuan teka-teki silang pada kompetensi dasar proses perencanaan strategi produk baru dinyatakan valid atau layak digunakan untuk mendukung pembelajaran siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang. Saran peneliti adalah pengembangan produk yang akan datang dapat mengembangkan bahan ajar yang tervalidasi oleh pakar sesuai bidang pengembangan penambahan contoh soal atau kuis yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27977

Actions (login required)

View Item View Item