Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis Camtasia Studio 8 pada mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang) / Inlusana Kristantin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis Camtasia Studio 8 pada mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang) / Inlusana Kristantin

Kristantin, Inlusana (2016) Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis Camtasia Studio 8 pada mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang) / Inlusana Kristantin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristantin Inlusana.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Camtasia Studio 8 Pada Mata Pelajaran Analisa dan Riset Pasar (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manajeman. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M (2) Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M Kata kunci Media Pembelajaran Camtasia Studio 8 Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif sangat dibutuhkan agar siswa tidak merasa bahwa pembelajaran terlalu monoton. Salah satunya menggunakan media pembelajaran audiovisual dengan memanfaatkan aplikasi Camtasia Studio 8. Sofware tersebut merupakan Software yang digununakan untuk mengedit video membuat video tutorial serta membuat kuis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengebangan (R D) dengan prosedur penelitian dan pengembangan (R D) ADDIE yang digabungkan dengan Bord Gall dalam bukunya Sugiyono meliputi 5 tahap yaitu (1) Analisis (mendiskripsikan masalah) (mengumpulkan informasi) (2) Perencanaan (mendisain media pembelajaran) (konsultasi dengan ahli materi dan ahli media) (3) Pengembangan (validasi media dan materi) (perbaikan desain) (uji coba terbatas) (revisi desain) (4) Implementasi (uji coba lapangan) dan (5) Evaluasi (revisi produk). Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk memperoleh hasil yang valid dalam pengembangan media. Kuisioner diberikan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Media ini divalidasi oleh dua validator media dan dua validator materi sebanyak tiga kali yaitu produk awal setelah uji coba terbatas dan setelah uji coba lapangan. Berikut merupakan data yang diperoleh diantaranya adalah validasi media 98.46% validasi materi 95.33% uji coba terbatas 87.40% dan uji coba lapangan 89.11%. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media belajar pada mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar. Kesimpulan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Camtasia Studio 8 pada mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar kelas X pemasaran di SMK PGRI 2 Malang yang tervalidasi dan layak digunakan. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu pengembangan produk yang akan datang diharapkan dapat membuat produk pada mata pelajaran lain dengan kompetensi dasar yang lainnya serta sebaiknya dalam penelitian selanjutnya penggunaan animasi tema ataupun background yang lebih bervariasi lagi agar media yang dihasilkan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27975

Actions (login required)

View Item View Item