Pengembangan modul penataan barang dagangan berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi di SMK Negeri 01 Probolinggo kelas XI Pemasaran Materi SOP Penataan Produk) / Eka Yunindah Tohiriyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul penataan barang dagangan berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi di SMK Negeri 01 Probolinggo kelas XI Pemasaran Materi SOP Penataan Produk) / Eka Yunindah Tohiriyaningsih

Tohiriyaningsih, Eka Yunindah (2016) Pengembangan modul penataan barang dagangan berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi di SMK Negeri 01 Probolinggo kelas XI Pemasaran Materi SOP Penataan Produk) / Eka Yunindah Tohiriyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tohiriyaningsih E.Y. 2016. Pengembangan Modul Penataan Barang Dagangan Berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Studi di SMK Negeri 01 Probolinggo Kelas XI Pemasaran Materi SOP Penataan Produk. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si. (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Modul Pembelajaran POE dan Hasil Belajar Modul pembelajaran terutama dalam bentuk modul berbasis POE merupakan salah satu bahan ajar yang mengembangkan metode pembelajaran di dalamnya menggunakan model POE atau Predict Observe Explain. Bahan ajar harus mampu menjadi pendukung proses pembelajaran dalam menciptakan siswa yang aktif kreatif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Modul penataan barang dagangan berbasis POE (Predict-Observe-Explain) ini cocok untuk diterapkan di SMK Negeri 01 Probolinggo pada bidang keahlian Pemasaran karena siswa dibutuhkan alat bantu atau bahan ajar penunjang dalam aktivitas pengembangan kognitif dan psikomotorik siswa untuk menguasai materi penataan barang dagangan serta hasil belajar selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul penataan barang dagangan berbasis POE mengetahui kelayakan modul pengembangan berbasis POE dan mengetahui keefektifan penggunaan modul terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Penataan Barang Dagangan. Penelitian pengembangan ini memodifikasi teori pengembangan dari Borg and Gall yang disesuaikan dengan keadaan lapangan keterbatasan waktu tenaga dan biaya. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Pemasaran 2 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok besar dan kelas XI Pemasaran 3 yang berjumlah 6 siswa sebagai kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi observasi tes angket dan wawan cara tidak terstruktur. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menggunakan skala 1-4 untuk validasi produk deskriptif persentease untuk mengetahui kelayakan modul dan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan Paired Sample T-testberupa data dari pengerjaan soal Pretest dan Posttest. Temuan hasil penelitian validasi produk dari ahli media dan modul diperoleh sebesar 3 89 dan 3 15 dengan kriteria valid atau layak digunakan. Kemudian ujicoba produk dilakukan oleh dua kelompok dengan menyebar angket kelompok kecil memperoleh 82% dan kelompok besar memperoleh 87%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa modul layak digunakan oleh siswa. Sedangkan hasil dari Uji Paired Sample T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 0 05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruf positif setelah menggunakan modul pengembangan ini terhadap siswa. Perbedaan juga dapat dilihat dari nilai rata-rata Posttest yang lebih tinggi daripada nilai rata-rata Pretest. Terdapat pulatemuan hasil psikomotorik belajar siswa yang cenderung lebih aktif dan mampu mengasah ketrampilannya dalam tahap observe (demonstrasi). Sehingga dapat disimpulkan modul Penataan Barang Dagangan Berbasis POE layak digunakan dan meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27974

Actions (login required)

View Item View Item