Pengembangan e-modul perangkat lunak desain berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk-dkv kelas xi / Dian Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul perangkat lunak desain berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk-dkv kelas xi / Dian Anggraini

Anggraini, Dian (2022) Pengembangan e-modul perangkat lunak desain berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk-dkv kelas xi / Dian Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan metode pembelajaran secara daring menjadi luring membuat proses pembelajaran harus mengalami penyesuaian termasuk proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual. Dengan adanya perubahan kurikulum membuat bahan ajar yang digunakan harus mengalami penyesuaian. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran tambahan seperti modul elektronik sangat diperlukan untuk proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan penyebaran angket penelitian awal pada siswa ditemukan kendala dalam mempelajari materi-materi pada elemen perangkat lunak desain sehingga siswa mengalami penurunan hasil belajar. Berdasarkan wawancara tersebut guru mengatakan bahwa perlu adanya modul elektronik untuk mendukung proses pembelajaran terutama membantu siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan produk berupa aplikasi e-modul perangkat lunak desain berbasis project based learning sesuai dengan capaian pembelajaran di SMK menguji kelayakan produk yang dihasilkan pada pembelajaran dan mengukur hasil belajar siswa. Manfaat dari pengembangan e-modul perangkat lunak desain ini adalah menjadi solusi dari permasalahan pada pembelajaran elemen Perangkat Lunak Desain yang sulit dipahami oleh siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dan mengacu pada model pengembangan APPED yang memiliki tahapan meliputi Analisis Perancangan Produksi Evaluasi dan Diseminasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil nilai validitas media sebesar 90 4% validitas materi sebesar 89 1% dan uji coba produk sebesar 90 3% sehingga masuk kategori sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu didapatkan hasil pada uji lapangan operasional sebesar 90 7% serta hasil pre test dengan rata-rata 69 67 dan hasil post test sebesar 86 47 yang kemudian diuji menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test memperoleh hasil bahwa penggunaan e-modul perangkat lunak desain dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279733

Actions (login required)

View Item View Item