Pengembangan media pembelajaran berbasis webtoon untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2d di smk ypk serui papua / Libertius Manurung - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis webtoon untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2d di smk ypk serui papua / Libertius Manurung

Manurung, Libertius Manurung (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis webtoon untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2d di smk ypk serui papua / Libertius Manurung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa jurusan multimedia masih mengalami masalah dalam pemahaman pembuatan animasi 2D. Kebanyakan dari mereka masih memiliki pemikiran bahwa dalam pembuatan animasi 2D hanya dapat dilakukan oleh orang yang berbakat dalam menggambar dan itu membuat minat belajar mereka menurun. Menyadari betapa pentingnya materi animasi 2D bagi siswa multimedia dibutuhkan cara penyampaian materi dengan media pembelajaran yang unik dan dapat dengan mudah digunakan oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah (1) Merancang Media Pembelajaran animasi 2D berbasis Webtoon comic untuk siswa kelas XI Multimedia. (2) Mengembangkan Media Pembelajaran animasi 2D berbasis Webtoon comic untuk siswa kelas XI Multimedia. (3) Menguji kelayakan Media Pembelajaran animasi 2D berbasis Webtoon comic untuk siswa kelas XI Multimedia. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu ldquo (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi produk rdquo . Validasi uji coba media akan dilakukan dengan 3 tahap yaitu (1) validasi ahli materi dan ahli media (2) uji coba kelompok kecil dan (3) uji coba lapangan. Media pembelajaran yang dihasilkan adalah media digital yang berbentuk webtoon comic. Webtoon comic adalah adalah komik yang digambarkan menggunakan teknik digital. Berbeda dengan buku komik pada umumnya webtoon comic tidak menggunakan buku sebagai media dan hanya bisa diakses secara online. Secara keseluruhan media ini memiliki cerita yang runtun tujuan pembelajaran apersepsi materi inti dan evaluasi yang nantinya akan dikerjakan oleh siswa. Metode pembelajaran konvensional yang dulu disampaikan melalui buku dan tanpa contoh dianggap kurang mudah dicerna oleh siswa diharapkan media pembelajaran berbasis webtoon comic mampu meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan media yang dibuat sangat layak digunakan dimana hasil dari validasi ahli materi memiliki rata-rata nilai dengan kategori sangat layak ahli media memiliki rata-rata nilai dengan kategori sangat layak uji coba kelompok kecil memiliki rata-rata dengan kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar dengan rata-rata nilai dengan kategori sangat layak. Rata-rata nilai dari hasil uji coba yang telah dilakukan kepada 4 subjek uji coba adalah 86.97% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279732

Actions (login required)

View Item View Item