E-modul interaktif pada materi internet of things bermuatan problem based learning untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa SMK kompetensi keahlian teknik jaringan komputer dan telekomunikasi / Muhammad Fadhilah Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

E-modul interaktif pada materi internet of things bermuatan problem based learning untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa SMK kompetensi keahlian teknik jaringan komputer dan telekomunikasi / Muhammad Fadhilah Akbar

Akbar, Muhammad Fadhilah (2023) E-modul interaktif pada materi internet of things bermuatan problem based learning untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa SMK kompetensi keahlian teknik jaringan komputer dan telekomunikasi / Muhammad Fadhilah Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Internetof Things adalah revolusi Internet baru yang membuka jalan untuk mengubah dunia modern. Sejalan dengan itu pemerintah telah memasukkan materi Internet of Things (IoT) ke dalam kurikulum SMK. Sejauh ini ceramah adalah metode utama dalam pengajaran Internet of Things. Karena kurangnya interaktivitas dalam media pembelajaran (seperti buku cetak) siswa kehilangan minat sehingga pemahaman menjadi dangkal. Dari permasalahan tersebut perlu dikembangkan sumber belajar yang interaktif yang mampu menumbuhkan motivasi siswa dalam mempelajari materi Internet of Things. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif menguji kelayakan dan menguji pertumbuhan tingkat motivasi belajar siswa. Peneltian ini meruapakan penelitian R amp D dengan menggunakan model pengembangan Hanaffin amp Peck dari Tegeh (2014). Tahapan penelitian ini adalah analisis kebutuhan desain pengembangan dan implemantasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Jaringan Komputer dan telekomunikasi SMK Negeri 5 Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan pertanyaan semi tertutup. Angket yang digunakan berupa angket ahli materi angket ahli media dan angket motivasi belajar. Penelitian ini menghasilkan e-modul interaktif yang diintegrasikan dengan pendekatan Problem-based Learning. E-modul dapat dinyatakan sangat valid dari penilaian para ahli dengan perolehan nilai dari ahli media sebesar 93% dan dari ahli materi sebesar 93 33%. Kelayakan e-modul berada pada kategori sangat layak dari hasil respon siswa sebesar 88% pada kelompok kecil dan 87 6% pada kelompok besar. Hasil tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan produk memperoleh nilai gain pada kategori sedang dengan persentase 47 70%. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan e-modul interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pengenalan Internet of Things dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:29
Last Modified: 13 Dec 2023 06:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279731

Actions (login required)

View Item View Item