Hubungan pengalaman program asistensi mengajar dan locus of control internal terhadap kesiapan menjadi tenaga pendidik bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektro / Muhammad Lutfi Sholeh Ar-RIdho - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pengalaman program asistensi mengajar dan locus of control internal terhadap kesiapan menjadi tenaga pendidik bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektro / Muhammad Lutfi Sholeh Ar-RIdho

Ar-ridho, Muhammad Lutfi Sholeh (2023) Hubungan pengalaman program asistensi mengajar dan locus of control internal terhadap kesiapan menjadi tenaga pendidik bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektro / Muhammad Lutfi Sholeh Ar-RIdho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesiapan menjadi tenaga pendidik perlu dipersiapkan bagi mahasiswa khususnya yang mengambil program pendidikan atau keguruan untuk persiapan menjadi tenaga pendidik dibidang kejuruan yang mana harus memahami kompetensi dasar sebagai tenaga pendidik. Kesiapan menjadi tenaga pendidik dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pengalaman program asistensi mengajar dan locus of control internal. Peneltian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesiapan menjadi tenaga pendidik (Y) (2) mendeskripsikan pengalaman program asistensi mengajar (X1) (3) mendeskripsikan locus of control internal (X2) (4) mengungkap hubungan antara (X1) dan (Y) (5) mengungkap hubungan antara (X2) dan (Y) (6) mengungkap hubungan antara (X1) dan (X2) terhadap (Y) secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan 98 responden yang berstatus mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan untuk variabel X1 X2 Y berupa angket yang menggunakan skala Likert 5. Variabel X1 X2 Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan yaitu 0.908 0.870 dan 0.923. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan uji hipotesis parsial dan simultan berbantuan software Spss. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pedoman taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian diketahui (1) kesiapan menjadi tenaga pendidik berkategori (2) pengalaman program asistensi mengajar berkategori (3) locus of control internal berkategori (4) koefisien korelasi parsial X1 dan Y sebesar 0.210 dan taraf signifikansi 0.039 (5) koefisien korelasi parsial X2 dengan Y sebesar 0.637 dan taraf signifikansi 0.000 dan (6) koefisien simultan X1 X2 dengan Y sebesar 0.713 dan taraf signifikansi 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan anatara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279730

Actions (login required)

View Item View Item