E-modul berbasis android bermuatan project based learning pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis siswa kelas x SMKN 1 Sukadana untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Kristian Jodi - Repositori Universitas Negeri Malang

E-modul berbasis android bermuatan project based learning pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis siswa kelas x SMKN 1 Sukadana untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Kristian Jodi

Jodi, Kristian (2023) E-modul berbasis android bermuatan project based learning pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis siswa kelas x SMKN 1 Sukadana untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Kristian Jodi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak terhadap segala bidang salah satunya ialah bidang pendidikan. Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang menjadi tujuan dari dibentuknya negara Indonesia sesuai dengan yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Perbaikan dan pembaharuan kurikulum beserta metode belajar senantiasa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dalam memaksimalkan proses bejalar mengajar agar dapat menghasilkan individu yang cerdas mandiri dan berdaya saing. Untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan pengembangan bahan ajar yang berupa modul belajar dalam bentuk elektronik atau bisa disebut modul elektronik (e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-modul pembelajaran dasar mata pelajaran dasar desain grafis dan mengukur keefektifan penggunaan media pembelajaran dalam hal meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran e-modul Grafisfy ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan 4D (Define Design Development Disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini merupakan siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukadana Kabupaten Sukadana yang sedang menempuh mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Hasil validasi dan uji coba e-modul Grafisfy mendapatkan skor rata-rata 88 2% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil tersebut diperoleh dengan rincian sebagai berikut (1) persentase dari ahli media sebesar 87% (2) persentase dari ahli materi sebesar 91 48% (3) persentase dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 87 5% dan (4) persentase dari uji coba kelompok besar memperoleh score sebesar 87% semuanya dengan tingkat kategori sangat layak atau valid. Sedangkan untuk hasil uji keefektifan belajar siswa memperoleh skor sebesar 78 45% dimana setelah melalui perhitungan dengan rumus gain mendapat skor sebesar 0 80 yang menunjukkan bahwa jika nilai g ge 0 70 maka nilai yang didapat masuk ke dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279729

Actions (login required)

View Item View Item