Penerapan model problem based learning (pbl) daring dan problem based learning (pbl) luring terhadap hasil belajar siswa SMK Brantas Karangkates. / Adrian Abimanyu Bagaskara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning (pbl) daring dan problem based learning (pbl) luring terhadap hasil belajar siswa SMK Brantas Karangkates. / Adrian Abimanyu Bagaskara

Bagaskara, Adrian Abimanyu (2022) Penerapan model problem based learning (pbl) daring dan problem based learning (pbl) luring terhadap hasil belajar siswa SMK Brantas Karangkates. / Adrian Abimanyu Bagaskara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara luring. Dalam penelitian ini variabel model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring variabel model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara luring dan variabel Y yaitu hasil belajar Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental design (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DKV SMK Brantas Karangkates yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X DKV 1 dan kelas X DKV 2 Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X DKV 1 sebagai kelompok kontrol sebanyak 32 siswa dan X DKV 2 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa. Kelompok eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring. Kelompok kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara luring. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposivesampling. Teknik Analisa data dilakukan dengan uji-t berbantuan aplikasi SPSS 25 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat dan uji N-Gain. Dimana uji prasyarat akan melakukan pengujian yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Instrumen pengukuran yang akan digunakan dalam penlitian ini berupa tes pretest-posttest untuk mendapatkan hasil belajar ranah pengetahuan. Hasil uji hipotesis menggunakan metode uji-t menunjukan nilai signifikansi kurang dari 0 05. Sehigga penelitian ini dapat disimpulkan (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara luring dengan peningkatan hasil belajar yang didapatkan N-gain 0.669 pada kelas X program keahlian DKV (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring dengan peningkatan hasil belajar yang didapatkan N-gain 0.718 pada kelas X program keahlian DKV (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dasar-dasar desain komunikasi visual karena pengaruh penerapan model pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring dibandingkan dengan model pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara luring. perbedaan hasil belajar dilakukan uji-t dan mendapatkan siginifikan 0.00 dimana Sig (2-talied) lt 0.05. yang berarti Ho ditolak kemudian peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan N-gain 0.718 dan hasil belajar kelas kontrol dengan N-gain 0.669. terdapat selisih 0.049.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279728

Actions (login required)

View Item View Item