Pengembangan media pembelajaran website interaktif dengan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi sistem keamanan jaringan telekomunikasi siswa Kelas X TKJ SMKN 4 Malang / Getsa Novandra Rizkatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran website interaktif dengan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi sistem keamanan jaringan telekomunikasi siswa Kelas X TKJ SMKN 4 Malang / Getsa Novandra Rizkatama

Rizkatama, Getsa Novandra (2022) Pengembangan media pembelajaran website interaktif dengan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi sistem keamanan jaringan telekomunikasi siswa Kelas X TKJ SMKN 4 Malang / Getsa Novandra Rizkatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan guru dan power point saja membuat siswa bosan dengan pembelajaran yang terjadi. Hal tersebut berdampak pada kurangnya motivasi belajar pada peserta didik. Penggunaan fasilitas seperti internet dan WiFi pada sekolah juga belum dapat termanfaatkan dengan baik sehingga perlu adanya suatu teknologi yang dapat memanfaatkan fasilitas yang ada serta dapat difungsikan sebagai suatu alat pembelajaran bagi peserta didik. Maksud dari penelitian ini yakni untuk merancang men-develop dan menguji kepatutan pada media pembelajaran dengan basis website interaktif pada materi keamanan jaringan telekomunikasi serta mengukur peningkatan motivasi belajar pada siswa SMK TKJ kelas X. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck dengan tahapan (1) Penilaian terhadap sebuah kebutuhan (2) Tahap desain (3) Tahap pengembangan serta implementasi yang disertai dengan revisi maupun evaluasi pada tiap tahapannya. Website interaktif pada materi Keamanan Jaringan Telekomunikasi yang dikembangkan dinyatakan sangat valid sehingga layak digunakan dengan hasil validasi pada ahli materi sebesar 90% hasil validasi pada ahli media sebesar 92% dan hasil analisis peserta didik sebesar 86 6% dengan rata-rata keseluruhan perhitungan media sebesar 89 5%. Motivasi belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis website interaktif meningkat yang dilihat pada perolehan nilai gain sebesar 0 45 dengan kualifikasi sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279726

Actions (login required)

View Item View Item