Pengembangan media pembelajaran berbasis website bermuatan problem based learning pada materi pemrograman web untuk siswa SMK / Mila Amalia Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis website bermuatan problem based learning pada materi pemrograman web untuk siswa SMK / Mila Amalia Damayanti

Damayanti, Mila Amalia (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis website bermuatan problem based learning pada materi pemrograman web untuk siswa SMK / Mila Amalia Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa SMK Negeri 4 Malang jurusan RPL diperoleh bahwa siswa masih kurang dapat memahami materi Pemrograman Web. hal tersebut dikarenakan media pembelajaran berupa praktikum dengan modul membuat siswa bersikap pasif dalam pembelajaran. Selain itu pelaksanaan pembelajaran tatap muka selama pandemi memiliki permasalahan yang paling sering muncul yaitu waktu belajar yang dikurangi. Sehingga waktu siswa dalam melakukan praktikum lebih singkat dan siswa kurang dapat mengeksplorasi pengetahuannya dalam proses pembelajaran dengan waktu terbatas. Untuk membantu siswa dalam memahami keterampilan dan pengetahuan pada materi pemrograman web perlu adanya media pembelajaran dengan dukungan teknologi yang dapat diakses meskipun tidak pada kegiatan pembelajaran dalam kelas. Dengan media pembelajaran berbasis website siswa bisa mengakses kapanpun dimanapun dan dengan perangkat elektronik pribadi maupun publik yang terhubung internet. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mengembangkan serta menguji kelayakan media pembelajaran berbasis website bermuatan problem based learning pada materi pemrograman web. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui lima tahap yakni analyze design development implementation evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta instrumen angket. Kelayakan media pembelajaran ini diukur dari hasil validasi ahli dan uji coba pada siswa kelas XI RPL SMK Negeri 4 Malang yang telah menempuh materi pemrograman web. Media pembelajaran yang dikembangkan berbasis website dengan muatan problem based learning. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran memperoleh hasil validasi dari validator materi sejumlah 97 5% validator media sejumlah 91 07% uji coba kelompok kecil sebesar 86 2% uji coba kelompok besar sebesar 89 1%. Hasil rata-rata yang didapatkan dari seluruh data validasi sejumlah 91% serta dinyatakan bahwa media pembelajaran sangat valid dan sangat layak untuk dipakai dalam membantu proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279725

Actions (login required)

View Item View Item