Analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran daring sebagai upaya optimalisasi bidang keteknikan ditinjau dari perkuliahan teori dan praktik / Ahmad Jalu Alfata - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran daring sebagai upaya optimalisasi bidang keteknikan ditinjau dari perkuliahan teori dan praktik / Ahmad Jalu Alfata

Alfata, Ahmad Jalu (2023) Analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran daring sebagai upaya optimalisasi bidang keteknikan ditinjau dari perkuliahan teori dan praktik / Ahmad Jalu Alfata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 merupakan tantangan pada setiap bangsa. Banyak sektor yang terkena dampaknya tak terkecuali sektor pendidikan. Dimana akhir-akhir ini yang ramai diperbincangkan yakni Pembelajaran daring. Namun survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa 92% peserta didik mengalami masalah pada Pembelajaran daring. Sejalan dengan hal tersebut observasi yang dilakukan pada mahasiswa Departemen Teknik Elektro 2019 dengan 56 responden menunjukkan bahwa sebesar 50% sangat setuju 23% setuju mengalami kendala saat perkuliahan praktik yang dilakukan secara online. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada masalah dalam pelaksanaan pembelajaran ataupun komponen pembelajaran di Departemen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Dimana salah satu aspek penting dalam Pembelajaran daring yakni metode pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan hal tersebut dikarenakan dari beberapa penelitian baik metode pembelajaran maupun media pembelajaran memiliki pengaruh cukup signifikan pada hasil belajar motivasi minat dll. Oleh karena itu untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 guru akan selalu dituntut untuk untuk terus menjadi lebih baik dalam mempersiapkan pendidikan yang berorientasi pada iptek tak terkecuali pada Departemen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang oleh sebab itu penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan perkuliahan online. (2) Mengetahui kesesuaian dan hambatan metode pembelajaran. (3) Mengetahui kesesuaian dan hambatan media pembelajaran. (4) Mengetahui solusi untuk optimalisasi perkuliahan online. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dimana campuran dari pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan desain penelitian The Explanatory Sequential Design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Teknik Elektro 2020. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara dimana sebelum diberikan ke responden diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk data yang bersifat kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini dari uji validitas terdapat 60 butir soal yang diujikan terdapat 51 soal valid dan 9 tidak valid. Uji reliabilitas menunjukkan skor Alpha Cronbach 0.944 sehingga instrumen dikatakan reliabel. Data hasil pengisian angket oleh responden menunjukkan pada variabel Pembelajaran daring mendapatkan rata-rata pembelajaran online (3 015) metode pembelajaran teori (3 03) praktik (3 16) dan media pembelajaran teori (2 84) praktik (3 02) semuanya termasuk kategori cukup sesuai. Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov untuk setiap variabel mendapatkan nilai Asymp. Sig gt 0 05 yang artinya data terdistribusi normal. Hasil wawancara mengatakan bahwa 3 dari 5 mahasiswa mengatakan SIPEJAR secara tampilan sudah bagus namun terkadang masih mengalami error di jam tertentu maupun saat pengumpulan tugas. 4 dari 5 mahasiswa mengatakan bahwa pada saat Pembelajaran daring mengalami gangguan pada saat pelaksanaannya seperti membuka sosial media kurang diprioritaskan dibanding pembelajaran offline penyampaian dosen kurang interaktif dsb. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan perkuliahan online di Departemen Teknik Elektro UM sudah cukup sesuai namun masih ada kendala seperti kurang interaktif mudah bosan dll. (2) Kesesuaian metode pembelajaran di Departemen Teknik Elektro UM sudah cukup sesuai namun masih kurang adanya ikatan emosional kurang adanya bimbingan dan panduan ketika praktikum dsb. (3) Kesesuaian media pembelajaran di Departemen Teknik Elektro UM tergolong cukup sesuai namun SIPEJAR masih perlu diperbaiki dari segi server. (4) Solusi untuk optimalisasi dosen memiliki gaya mengajar yang khas adanya forum kritik dan saran selama pembelajaran mahasiswa menyadari gangguan-gangguan belajar perbaikan SIPEJAR agar dapat menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279724

Actions (login required)

View Item View Item