Analisis efektivitas penggunaan google classroom dengan metode Technique for User Experience Evaluation in e-Learning (TUXEL 2.0) pada proses belajar mengajar kompetensi TIK di SMK Negeri Kota Malang / Amir Rofiudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis efektivitas penggunaan google classroom dengan metode Technique for User Experience Evaluation in e-Learning (TUXEL 2.0) pada proses belajar mengajar kompetensi TIK di SMK Negeri Kota Malang / Amir Rofiudin

Rofiudin, Amir (2023) Analisis efektivitas penggunaan google classroom dengan metode Technique for User Experience Evaluation in e-Learning (TUXEL 2.0) pada proses belajar mengajar kompetensi TIK di SMK Negeri Kota Malang / Amir Rofiudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan proses belajar mengajar dengan perkembangan teknologi informasi mempengaruhi kondisi dalam proses kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi dalam pembelajaran disebut dengan istilah e-learning memberikan perubahan terhadap pelaksanaan pembelajaran sebagai media dalam proses pembelajaran serta membantu sebagai sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan keberhasilan sistem informasi e-learning pada platform Google Classroom menggunakan metode Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL 2.0) yang memiliki tiga tahapan inti dalam mengevaluasi user experience yaitu inspeksi general usability inspeksi pedagogical usability dan evaluasi user experience. Penelitian ini menggunakan metode TUXEL 2.0 yaitu metode yang digunakan untuk mengevaluasi usability dan user ecperience dalam e-learning dengan menggunakan tiga kuesioner yaitu Tabel Pelaporan Masalah (Problem Reporting Table) Evaluasi LMS secara umum (General LMS Evaluation Checklist) dan Evaluasi Pengalaman Pengguna (UX Evaluation). Pengambilan data melalui kuesioner yang telah divalidasi kemudian dibagikan kepada responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif. Sampel yang digunakan diperoleh dari penelitian pada SMK Negeri 7 Malang dimana responden memenuhi kriteria tertentu antara lain pernah mengakses dan memiliki pengetahuan terhadap e-learning. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada google classroom dengan menggunakan ketiga kuesioner yang terdapat pada TUXEL maka disimpulkan bahwa terdapat 14 permasalahan pada Tabel Pelaporan Masalah pada variable yaitu login general interface assigntment dan assessment 19 permasalahan pada Evaluasi LMS Secara Umum pada variable yaitu Help and Documentation LMS Learnability Learning Through LMS dan LMS Flexibility pada Evaluasi User Experience memiliki median dan mean yang bernilai positif. Pada kategori level positif yaitu pada dimensi attractiveness yang memiliki nilai mean 1.39 dimensi dependability yang memiliki nilai mean 1.44 dimensi efficiency yang memiliki nilai mean 2.06 dimensi novelty yang memiliki nilai mean 1.13 dimensi stimulation yang memiliki nilai mean 0.75 berada pada kategori negative dan pada dimensi perspicuity yang memiliki nilai 1.09. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengguna google classroom dinilai cukup baik sebagai penunjang/pelengkap untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279721

Actions (login required)

View Item View Item