Pengembangan platform inkubasi bisnis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK pada mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan / Adam Maulana Dzikri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan platform inkubasi bisnis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK pada mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan / Adam Maulana Dzikri

Dzikri, Adam Maulana (2022) Pengembangan platform inkubasi bisnis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK pada mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan / Adam Maulana Dzikri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kewirausahaan merupakan suatu pola pikir yang harus dipelajari oleh para generasi muda agar berpotensi besar menjadi wirausahawan. Karena wirausaha shy wan merupakan profesi yang sangat berpengaruh besar kepada lingkungan sekitar bahkan pada negara. Fenomena banyaknya bermunculan perusahaan rintisan (startup) juga merupakan wujud pengaruh besar wirausahwan dalam perkem shy bangan ekonomi. Startup selalu menekankan inovasi pada produk yang dikem shy bangkan. Dikarenakan produk merupakan objek utama yang dapat memberikan wirausahawan pandangan dalam membuat model bisnis. Untuk itu perlu dil shy aksanakan perumusan dan pengembangan produk dalam pengembangan sebuah usaha. Sebagai usaha untuk dapat melahirkan banyak wirausahawan pembelajaran mengembangkan produk untuk sebuah kewiraushaan sudah terumuskan dalam sa shy lah satu elemen pembelajaran di mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirusahaan ( PKK ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam mata pelajaran PKK sudah terdapat beberapa alur tujuan pembelajaran dalam hal pengembangan produk kewirausahaan seperti prototyping produksi masal pengujian produk dan lain lain. Namun dalam pelaksanaannya sangat sulit diperoleh produk kewirausahaan yang sesuai target pasar saat ini. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penekanan dalam tahapan tahapan pengembangan produk yang dipantau secara langsung oleh guru pengampuh. Sehingga dalam proses perumusan produknya sendiri tidak sistematis. Dari beberapa masalah tersebut perlu dikembangkan suatu media pem shy belajaran untuk mengondisikan proses pembelajaran PKK dalam suatu konsep inkubasi bisnis virtual. Model pengembangan yang digunakan adalah Design Thinking yang mana memilik 5 tahapan yaitu (1) Emphatize (2) Define (3) Ideate (4) Prototype (5) Test. Proses pengembangan diawali dari tahap Emphatize yang bertujuan untuk menganalisa masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran. Masalah yang telah dianalisa harus di definisikan menjadi suatu kebutuhan di tahap Define. Setelah itu dalam tahap Ideate dirumuskan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan yang telah terdefinisi. Pada tahap keempat dibuatlah Prototype sesuai dengan konsep yang di rancang pada tahap Ideate. Masuk dalam tahap Test Prototype yang telah dibuat harus melalui dua tahapan pengujian yaitu uji validasi media oleh ahli media ahli materi dan pengujian pengguna oleh calon pengguna yaitu siswa. Selain itu juga dilakukan pengamatan motivasi dalam dua tahap yaitu pengamatan sebelum penggunaan media dan pengamatan setelah penggunaan media untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dari siswa. Hasil dari validasi media didapatkan kelayakan dari ahli media sebesar 88% dan dari ahli materi sebesar 82%. Dari presentase tersebut menunjukan jika media sudah layak untuk kegiatan pembelajaran. Dari hasil pengujian pengguna oleh siswa diperoleh presentase sebesar 80%. Dari hasil pengamatan motivasi diketahui media pembelajaran dapat meningkatan motivasi belajar siswa sebesar 9 47 % dengan tingkat keefektifan sebesar 0 46 yang masuuk dalam tingkat efek shy tifitas sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) Mengembangkan media pembelajaran berkonsep inkubasi bisnis untuk mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan di SMK (2) Media yang telah dikembangkan sudah dikatakan layak oleh ahli materi ahli media dan calon pengguna yaitu siswa (3) Media yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi siswa yang dibuktikan dari hasil rata rata dari pengamatan motivasi sesudah penggunaan media dan pengamatan moti shy vasi sebelum penggunaan media dari 36 siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279720

Actions (login required)

View Item View Item