Pengaruh penguasaan matakuliah keahlian berkarya dan penguasaan kajian praktik lapangan terhadap minat menjadi guru (studi pada mahasiswa Prodi Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM angkatan tahun 2012) / Nynys Khoirun Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penguasaan matakuliah keahlian berkarya dan penguasaan kajian praktik lapangan terhadap minat menjadi guru (studi pada mahasiswa Prodi Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM angkatan tahun 2012) / Nynys Khoirun Nisa'

Nisa' Nynys Khoirun (2016) Pengaruh penguasaan matakuliah keahlian berkarya dan penguasaan kajian praktik lapangan terhadap minat menjadi guru (studi pada mahasiswa Prodi Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM angkatan tahun 2012) / Nynys Khoirun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa N. K. 2016. Pengaruh Penguasaan Matakuliah Keahlian Berkarya dan Kajian Praktik Lapangan Terhadap Minat Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan Tahun 2012). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Eknomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMgt. M.Bus (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M Kata Kunci Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) Kajian Praktik Lapangan (KPL) Minat Menjadi Guru Penguasaan Matakuliah Keahlian Berkarya dan Kajian Praktik Lapangan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan minat mahasiswa untuk menjadi guru.Kajian dan Praktik Lapangan merupakan matakuliah praktik yang dilakukan di sekolah sekolah yang telah bekerja sama dengan pihak kampus dimana mahasiswa akan menghadapi langsung bagaimana menjadi seorang guru yang profesioanl dari bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) Deskripsi Penguasaan Matakuliah Keahlian Berkarya dan Kajian Praktik Lapangan. (b) Deskripsi Minat Mahasiswa untuk Menjadi Guru. (c) Pengaruh Penguasaan Matakuliah Keahlian Berkarya dan Kajian Praktik Lapangan secara parsial terhadap minat menjadi guru. (d) Pengaruh Penguasaan Matakuliah Keahlian Berkarya dan Kajian Praktik Lapangan secara simultan terhadap minat menjadi guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dengan analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Populasi penelitian berjumlah 219 mahasiswa dengan sampel 150 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Skala Likert menjadi penentu skor dalam penelitian terdapat 5 pilihan jawaban yaitu sangat setuju dengan skor 5 setuju dengan skor 4 cukup setuju dengan skor 3 tidak setuju dengan skor 2 dan sangat tidak setuju dengan skor 1. Jenis data dalam penelitian ini adalah data ordinal yang diberlakukan sebagai data interval. Sumber data yaitu data primer yang diperoleh langsung dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari Biro AAKPSI Subag PE Universitas Negeri Malang tantang nilai rata rata kelompok MKB dan LP2M UM tentang nilai rata rata KPL pada semester ganjil. Hasil uji instrumen digunakan uji validitas dan uji reabilitas serta hasil perhitungan analisis hasil asumsi klasik dengan bantuan aplikasi komputer SPSS for Windows. Hasil Uji asumsi Klasik yaitu (a) Hasil Uji Normalitas menunjukkan model regresi memenuhi asumsi normal terlihat pada tabel One Sample Kolmogorov Smirnov(b) Hasil Uji Multikolinearitas dalam penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas jadi model regresi ini layak untuk digunakan berdasarkan nilai Tolerance dan VIF (Variance Inflantion Factor). (c) Hasil Uji Heteroskedastisitas yang terlihat pada uji korelasi Spearman rho yang menunjukkan bahwa 0896 0 927 0 05 maka tidak terjadi Heteroskedastisitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa (a) ada pengaruh signifikan antara penguasaan matakuliah keahlian berkarya terhadap minat menjadi guru diterima. (b) ada pengaruh signifikan antara penguasaan kajian dan praktik lapangan terhadap minat menjadi guru diterima.(c) Ada pengaruh signifikan antara penguasaan matakuliah keahlian berkarya dan kajian praktik lapangan terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh penguasaan matakuliah keahlian berkarya dan kajian praktik lapangan terhadap minat menjadi guru sebesar 2 8% dan sisanya 97 8% dipengaruhi variabel lain. Adapun saran dalam penelitian ini (a) Bagi Prodi Program Studi Pendidikan Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoranmampu meningkatkan minat mahasiswa terhadap profesi guru melalui kegiatan seminar dan sosialisasi. (b) Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoranagar dalam mengikuti perkuliahan dan melaksanakan KPL secara bersungguh sungguh dan maksimal sehingga diperoleh pengalaman yang bermanfaat. (c) saran selanjutnya ditujukan kepada peneliti hendaknya mempertimbangkan variabel yang terkait dengan minat menjadi guru selain dari penguasaan matakuliah keahlian berkarya dan penguasaan kajian dan praktik lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27972

Actions (login required)

View Item View Item