Pengaruh blended learning berbantuan nearpod dan autoplay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMKN 8 Malang / Imtiyaz Zuhan Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning berbantuan nearpod dan autoplay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMKN 8 Malang / Imtiyaz Zuhan Ahmad

Ahmad, Imtiyaz Zuhan (2022) Pengaruh blended learning berbantuan nearpod dan autoplay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMKN 8 Malang / Imtiyaz Zuhan Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nearpod merupakan perangkat lunak instruksional yang dapat meningkatkan pembelajaran interaktif dan kolaboratif melalui slide presentasi yang dapat disebarkan kepada perangkat milik peserta didik dengan sistem cloud-based technologies sehingga mendukung pembelajaran dengan gaya BYOD (Bring Your Own Device). Autoplay Media Studio merupakan perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak multimedia dengan mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya gambar suara video teks dan flash ke dalam presentasi yang dibuat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar pada pelajaran Informatika di kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 8 Malang setelah diterapkan metode blended learning berbantuan Nearpod dan Autoplay terhadap Hasil belajar pada pelajaran Informatika di kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan menggunakan desain penelitian yang digunakan adalah one group design pre-test and post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik pre-test dan post-test. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil (1) Data hasil belajar pada kelas eksperimen 1 meningkat sebesar 86 39%. (2) Data hasil belajar pada kelas eksperimen 2 meningkat sebesar 83 06%. (3) Uji Normaitas data hasil belajar (pre-test) pada kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai signifikan 0 304 termasuk terdistribusi normal. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai signifikan 0 165 termasuk terdistribusi normal. (4) Uji Linearitas pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dapat dikatakan linear karena nilai sig. keduanya lebih besar dari 0 05 dan nilai linearity lebih kecil dari 0 05. (5) Hasil Uji Homogenitas mendapatkan nilai Sig. 0 979. Sehingga diketahui bahwasanya nilai pre-test kelas Eksperimen 1 dan Eksperimen 2 mempunyai data yang homogen. (6) Hasil Uji Hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan Uji-F yang bertujuan untuk mencari apakah variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen dimana nilai signifikansi diperoleh 0 000 yang artinya H0 ditolak karena nilai signifikansi lt 0 05. Ini menunjukkan adanya pengaruh pada variabel X terhadap variabel Y. dimana variabel X adalah penerapan model Blended Learning berbantuan Nearpod dan Autoplay sedangkan variabel Y adalah Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279717

Actions (login required)

View Item View Item