Pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan tambahan fitur text to speech pada mata pelajaran desain grafis Jurusan Multimedia Kelas X untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Bendo / Rufus Palal Raharja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan tambahan fitur text to speech pada mata pelajaran desain grafis Jurusan Multimedia Kelas X untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Bendo / Rufus Palal Raharja

Raharja, Rufus Palal (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan tambahan fitur text to speech pada mata pelajaran desain grafis Jurusan Multimedia Kelas X untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Bendo / Rufus Palal Raharja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi berkembang semakin maju dan cepat bahkan dalam hitungan detik sudah keluar inovasi baru dalam teknologi. Salah satunya yaitu media pembelajaran berbasis website. Untuk website yang dikembangkan ini dilengkapi dengan bermacam fitur diantaranya video pembelajaran soal latihan dan praktikum serta tentunya juga ada materi yang dilengkapi dengan fitur translator Text to Speech. Text to Speech merupakan teknologi yang bisa mengubah masukan teks menjadi suara. Text to Speech juga sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat maka dibutuhkan juga sebuah aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa. Faktor metode dan media pembelajaran yang digunakan sangat berpengaruh pada efektifitas proses pembelajaran. Keduanya saling terkait sehingga pemilihan metode tertentu mempengaruhi jenis media yang dipakai. Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran bisa membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa sehingga serta proses belajar siswa menjadi lebih efektif. Dalam hal menyerap dan memahami informasi atau pelajaran yang disampaikan setiap orang atau individu memiliki kemampuan yang berbeda. Dapat dilihat bahwa kemampuan seseorang ada yang cepat sedang maupun lambat. Oleh sebab itu seringkali mereka menempuh dengan cara yang berbeda untuk menangkap dan memahami informasi maupun pelajaran yang didapat hal ini biasa dikenal dengan sebutan gaya belajar. Gaya belajar secara garis besar dibedakan menjadi tiga kategori yakni auditorial visual dan kinestetik. Terkadang terdapat siswa yang mempraktekkan ketiga gaya belajar tersebut namun dalam tahapan tertentu akan cenderung untuk menerapkan salah satu gaya belajar mereka yang paling mencolok. Sehingga dapat dikatakan pengkategorian ini tidak berarti siswa hanya mempunyai satu gaya belajar saja melainkan bisa dua atau ketiganya. Media pembelajaran website mmkita.com ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini merupakan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan yang sedang menempuh mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini yaitu media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas X di SMK Negeri 1 Bendo. Hasil validasi dan uji coba website mmkita.com mendapatkan skor rata-rata 90 1% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil tersebut diperoleh dengan rincian sebagai berikut (1) persentase dari ahli media sebesar 87 5% (2) persentase dari ahli materi sebesar 90 9% (3) persentase dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 88 7% dan (4) persentase dari uji coba kelompok besar memperoleh score sebesar 93 4% semuanya dengan tingkat kategori sangat layak atau valid. Sedangkan untuk hasil uji keefektifan belajar siswa memperoleh skor sebesar 72% dimana setelah melalui perhitungan dengan rumus gain mendapat skor sebesar 0 72 yang menunjukkan bahwa jika nilai g ge 0 70 maka nilai yang didapat masuk ke dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279715

Actions (login required)

View Item View Item