Penerapan model pembelajaran self organized learning environments (SOLE) terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas XI SMKN 6 Malang / Novian Laksono Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran self organized learning environments (SOLE) terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas XI SMKN 6 Malang / Novian Laksono Putro

Putro, Novian Laksono (2022) Penerapan model pembelajaran self organized learning environments (SOLE) terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas XI SMKN 6 Malang / Novian Laksono Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi yang dilakukan oleh guru dengan siswa dalam lingkungan belajar yang saling bertukar informasi. Kurikulum 2013 menuntut siswa agar aktif dalam aktivitas proses pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dapat merancang pembelajaran dengan maksud dan tujuan supaya siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang kontekstual dan nyata. Salah satu inovasi model pembelajaran yang digunakan adalah Model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE). Model SOLE merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada pembelajaran mandiri/individu dengan memanfaatkan media atau perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet. Model tersebut akan menuntun siswa untuk melaksanakan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa untuk menumbuhkan kemandirian belajar. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran SOLE terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek kelas XI di SMKN 6 Malang (2) terdapat efisiensi dan efektifitas model pembelajaran SOLE terhadap hasil belajar dan minat siswa pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek kelas XI di SMKN 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan tipe pretest posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL SMKN 6 Malang dan untuk sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL 2 dan XI RPL 3 berjumlah 66 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji T dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar dan minat siswa lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 88 12 gt 83 76. Perbedaan hasil yang signifikan pada penerapan model pembelajaran SOLE dan model pembelajaran biasa yang diterapkan di sekolah dengan nilai Sig(p) 0 017 lt 0 05 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran SOLE dan model pembelajaran biasa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279713

Actions (login required)

View Item View Item