Media pembelajaran fiber optic berbasis augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa TKJ kelas XI di SMK Malang / Sabat Daniel Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran fiber optic berbasis augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa TKJ kelas XI di SMK Malang / Sabat Daniel Yulianto

Yulianto, Sabat Daniel (2022) Media pembelajaran fiber optic berbasis augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa TKJ kelas XI di SMK Malang / Sabat Daniel Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi jaringan berbasis luas (TJBL) adalah mata pelajaran yang termasuk kedalam kelompok C3 pada TKJ. Namun materi fiber optic yang terdapat pada KD 3.5 3.6 pada mata pelajaran TJBL menjadi masalah utama pada beberapa sekolah di Malang seperti SMKN 6 Malang SMKN 10 Malang dan SMK 2 Turen. Berdasarkan hasil penyebaran angket penelitian awal siswa terbukti bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran materi fiber optic turunnya motivasi belajar ini terjadi karena pada saat proses pembelajaran fiber optic guru lebih sering memberikan teori konsep tanpa melakukan praktikum karena minimnya alat untuk melakukan praktikum fiber optic. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan (1) membuat pengembangan media untuk pembelajaran berbasis AR dalam pembelajaran TJBL. (2) melihat tingkat layak atau tidaknya media AR yang telah dikembangkan dalam pembelajaran TJBL. (3) mengetahui motivasi siswa dalam menggunakan media AR yang telah dikembangkan pada mata pelajaran TJBL. Pengembangan media AR memberikan solusi dari masalah pembelajaran TJBL yang sulit untuk dipahami. Media pembelajaran yang dikembangkan harus memiliki tingkat kelayakan yang sesuai sehingga media pembelajaran AR dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi fiber optic. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Alessi amp Trollib dengan tahapan yaitu perencanaan desain dan pengembangan. Penelitian ini mengambil koresponden di kelas XI SMK Negeri 10 Malang yang sedang atau sudah menempuh materi fiber optic pada mata pelajaran TJBL. Non-tes digunakan sebagai alat penilaian pada penelitian ini yakni menggunakan angket dan analisinya dengan menggunakan rumus validasi dan keriteria. Jenis pengumpulan data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Luaran dari penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi media pembelajaran fiber optic berbasis augmented reality dengan marker base tracking berbentuk flash card. Analisis kelayakan yang diperoleh dari validasi materi sebesar 98 5% validasi media sebesar 90 4% uji coba produk sebesar 90 5% uji coba motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 8 85%. Berdasarkan hasil analisis kelayakan yang diperoleh media pembelajaran augmented reality dikataan ldquo sangat valid rdquo atau sangat layak. Luaran uji coba motivasi belajar perantara pembelajaran fiber optic dapat menambah motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan media pembelajaran fiber optic berbasis augmented reality dapat dimanfaatkan sebagai alat perantara dalam inti pembelajaran serta memberikan penambahan motivasi belajar kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279711

Actions (login required)

View Item View Item