Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan project based learning pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan terhadap tingkat kemandirian belajar siswa SMK / Dini Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan project based learning pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan terhadap tingkat kemandirian belajar siswa SMK / Dini Handayani

Handayani, Dini (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan project based learning pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan terhadap tingkat kemandirian belajar siswa SMK / Dini Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Data yang diambil dari angket kuesioner yang diberikan kepada 3 SMK pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan menunjukkan 91% siswa mengaku kesulitan untuk belajar secara mandiri. Hanya 50 7% siswa yang dapat memahami pembelajaran teori yang diberikan kepada siswa melalui penugasan. Dan hanya 53 7% siswa yang merasa terbantu dengan sistem pembelajaran di masing-masing SMK seperti mengakses video tutorial di platform youtube dan pemanfaatan learning management system. Disamping itu 88 1% siswa mengaku membutuhkan media pembelajaran tambahan untuk menunjang pembelajaran dalam jaringan. Melihat keadaan pembelajaran di ketiga SMK maka dapat disimpulkan bahwa masalah yang ditemui adalah rendahnya kemandirian belajar siswa karena pemilihan media pembelajaran berupa platform youtube dan learning management system dirasa kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut dikembangkan sebuah media pembelajaran interaktif bermuatan project-based learning untuk diuji kelayakannya dan diuji pengaruhnya terhadap kemandirian belajar siswa SMK. Mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan memiliki karakteristik pengerjaan praktikum yang sistematis. Sehingga penggunaan media interaktif dengan mengusung simulasi praktikum dapat memenuhi kebutuhan pendampingan guru pada tiap siswa dengan menampilkan tiap tahapan praktikum dengan jelas dan mampu memberi respon siswa jika terdapat suatu kesalahan dalam proses praktikum. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Alessi amp Trollip dengan langkah-langkah yang pengembangan diantaranya (1) Planning (2) Design (3) Development. Produk yang dikembangkan menghasilkan media pembelajaran interaktif bermuatan project-based learning yang dapat diakses melalui link https //asjuntuksmk.000webhostapp.com. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 87%. Hasil validasi dari ahli media memperoleh presentase sebesar 92 5%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 89 92%. Hasil uji coba kelompok besar mendapatkan presentase 92 36%. Dari keseluruhan hasil uji coba yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat dinyatakan sangat valid dan layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Pengujian lanjutan dilaksanakan terhadap tingkat kemandirian belajar siswa dan didapatkan hasil akhir presentase sebesar 88 72% yang menjadikan tingkat kemandirian belajar siswa SMK kelas XI program keahlian TKJ menjadi sangat tinggi setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif bermuatan project-based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279679

Actions (login required)

View Item View Item