Pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015 SMK Negeri 2 Madiun) / Tri Mei Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015 SMK Negeri 2 Madiun) / Tri Mei Maharani

Maharani, Tri Mei (2016) Pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015 SMK Negeri 2 Madiun) / Tri Mei Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani T.M. 2014. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015 SMK Negeri 2 Madiun. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani. M.Si. (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana. S.T. S.E. S.Pd. M.M Kata kunci motivasi intrinsik pemanfaatan fasilitas belajar prestasi belajar Sekolah merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan yang bertanggung jawab mencetak generasi yang unggul berprestasi dan memiliki daya saing. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan proses belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Salah satu faktor yang berasal dari dalam adalah motivasi intrinsik sedangkan faktor yang berasal dari luar adalah dari lingkungan sekolah yakni pemanfaatan fasilitas belajar. Motivasi intrinsik dapat timbul karena faktor intrinsik yang berupa hasrat keinginan berhasil dorongan kebutuhan belajar serta harapan akan cita-cita. Sedangkan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah adalah berupa pemanfaatan gedung sekolah ruang kelas perpustakaan dan media pembelajaran. Dalam keberhasilan proses belajar motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar sangat diperlukan agar siswa dapat memaksimalkan proses pemahaman materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi motivasi intrinsik pemanfaatan fasilitas belajar dan prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi intrinsik (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 277 siswa dengan jumlah sampel sebesar 155 siswa teknik penentuan sampel menggunakan proportional random sampling yaitu setiap kelas diambil secara proporsional sampelnya dengan acak. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Jenis data dalam penelitian ini adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk sumber data primer berasal dari kuesioner responden dan data sekunder berasal dari rata-rata nilai kognitif dan psikomotor siswa pada rapor semester ganjil. Untuk menguji validitas reliabilitas dan asumsi klasik menggunakan bantuan SPSS 19 for Windows. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas. (2) Uji heteroskedastisitas. (3) Uji multikolinearitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas jika dilihat dari titik-titik yang menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas karena gambar scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas karena nilai Tolerance 0 10 atau sama dengan nilai VIF

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27966

Actions (login required)

View Item View Item