Pengembangan penilaian autentik pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang (kompetensi dasar membuat proposal usaha pemasaran) / Lilis Setiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan penilaian autentik pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang (kompetensi dasar membuat proposal usaha pemasaran) / Lilis Setiawati

Setiawati, Lilis (2016) Pengembangan penilaian autentik pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang (kompetensi dasar membuat proposal usaha pemasaran) / Lilis Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawati Lilis. 2016. Pengembangan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha Pemasaran Kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang (Kompetensi Dasar Membuat Proposal Usaha Pemasaran). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. (2) Dr. Ludiwisnhu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata Kunci Penilaian Autentik Penilaian Sikap Penilaian Psikomotorik Pengelolaan Usaha Pemasaran. Materi pengelolaan usaha pemasaran yang meliputi tujuan pengelolaan usaha berbagai jenis usaha model-model pemasaran cara penyusunan proposal prosedur pengurusan surat izin usaha teknik memperoleh modal usaha identifikasi tempat usaha strategis dapat diajarkan secara teoritik yang ditunjang dengan kegiatan praktik. Pembelajaran dengan kegiatan praktik tidak hanya membutuhkan penilaian kognitif tetapi juga membutuhkan penilaian sikap dan psikomotorik yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013 harus mengarah pada penilaian autentik yang menekankan pengukuran kompetensi siswa pada ranah sikap keterampilan dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil belajar siswa. Hasil wawancara dengan guru pemasaran menunjukkan bahwa guru masih menekankan pada penilaian hasil belajar kognitif yang belum sesuai dengan sistem penilaian kurikulum 2013 secara umum penilaian yang dilakukan tanpa menggunakan instrumen dan hanya didasarkan pada asumsi subjektif. Oleh karena itu dibutuhkan instrumen penilaian yang dapat memberikan penilaian autentik terhadap sikap dan psikomotorik siswa. Tujuan utama penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik khususnya penilaian sikap dan psikomotorik pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran. Pengembangan penilaian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut (1) studi kepustakaan (2) survei lapangan (3) pengembangan instrumen (4) uji coba terbatas (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lebih luas (7) penyempurnaan produk akhir dan (8) desiminasi dan implementasi. Pengembangan ini dilakukan hanya sampai pada tahap kelima. Produk hasil pengembangan ini diuji coba melalui validasi isi dan uji coba terbatas. Validasi isi dilakukan oleh 2 dosen Manajemen dan 1 guru Pemasaran. Uji coba terbatas penilaian sikap dan uji keterbacaan penilaian psikomotorik dilakukan terhadap 17 siswa SMK. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar kritik dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase analisis statistika formula koefisien korelasi product-moment Pearson analisis Alpha Cronbach dan deskriptif. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian autentik khususnya sikap dan psikomotorik pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran dalam bentuk cetak. Hasil validasi isi oleh validator ahli pada penilaian sikap memiliki persentase rata-rata 86% dengan kriteria kelayakan sangat layak dan penilaian psikomotorik memiliki persentase rata-rata 85% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap valid (rhitung rtabel) antara 0 497-0 793 dan instrumen reliabel dengan nilai alpha cronbach antara 0 884-0 921. Hasil uji keterbacaan pada instrumen penilaian psikomotorik dinyatakan sangat sesuai/sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya dengan persentase antara 76%-100%. Berdasarkan hasil validasi ahli serta uji coba terbatas menunjukkan bahwa secara umum penilaian sikap dan psikomotorik telah valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27964

Actions (login required)

View Item View Item