Pengaruh manajemen waktu dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 2 Kediri (studi pada siswa kelas X dan XI Kompetensi Keahlian Pemasaran tahun ajaran 2015/2016) / Aning Suprapti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh manajemen waktu dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 2 Kediri (studi pada siswa kelas X dan XI Kompetensi Keahlian Pemasaran tahun ajaran 2015/2016) / Aning Suprapti

Suprapti, Aning (2016) Pengaruh manajemen waktu dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 2 Kediri (studi pada siswa kelas X dan XI Kompetensi Keahlian Pemasaran tahun ajaran 2015/2016) / Aning Suprapti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suprapti Aning. 2016. Pengaruh Manajemen Waktu dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 2 Kediri (Studi pada Siswa Kelas X dan XI Kompetensi Keahlian Pemasaran Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. (II) Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Kata Kunci manajemen waktu kesiapan belajar hasil belajar Berhasil atau tidaknya siswa dalam belajar disebabkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu berasal dari dalam diri siswa (internal) dan ada juga dari luar diri siswa (eksternal). Adapun faktor seperti manajemen waktu dan kesiapan belajar yang perlu diperhatikan karena dapat menjadi permasalahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menempuh banyaknya materi pada mata pelajaran produktif. Jika siswa mampu memiliki manajemen waktu yang baik dan kesiapan belajar yang baik pula maka siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi manajemen waktu (X1) kesiapan belajar (X2) dan hasil belajar (Y) mata pelajaran produktif (2) pengaruh manajemen waktu (X1) dan kesiapan belajar (X2) secara parsial terhadap hasil belajar (Y) (3) pengaruh manajemen waktu (X1) dan kesiapan belajar (X2) secara simultan terhadap hasil belajar (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Pemasaran SMKNegeri 2 Kediri yang berjumlah 134 siswa dan sampel penelitian yang digunakan berjumlah 110 siswa mengunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda dengan menggunakanSPSS 16.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMKNegeri 2 Kediri memiliki manajemen waktu yang baik memiliki kesiapan belajar yang baik dan memiliki rata-rata hasil belajar mata pelajaran produktif yang tergolong baik (2) manajemen waktu berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMKNegeri 2 Kediri (3) kesiapan belajar berpengaruh negatif yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMKNegeri 2 Kediri (4) manajemen waktu dan kesiapan belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Kompetensi Keahlian Pemasaran di SMKNegeri 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan bahwa (1) guru lebih memperhatikan siswanyauntuk dapat menyiapkan diri dalam proses pembelajaran lebih ketat dalam mengarahkan siswa ketika ujian dan menggunakan metode mengajar yang lebih menarik dan cukup menantang. (2) siswa sebaiknya lebih teratur membuat jadwal belajar dan konsistensi menepatinya selalu mematikan handphone ketika belajar lebih fokus pada materi dan harus bersikap sportif serta jujur dalam ujian. (3) orang tua sering memantau memberikan dorongan dan bimbingan serta mengingatkan anaknya untuk mampu mengatur waktu belajar dan lebih giat belajar. (4) peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan kompetensi keahlian yang berbeda atau populasi yang lebih luas serta dapat menambahkan variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27963

Actions (login required)

View Item View Item