Pengaruh kemampuan efikasi diri (self efficacy) terhadap kesiapan menjadi guru tata niaga mahasiwa Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang / Siti Komariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan efikasi diri (self efficacy) terhadap kesiapan menjadi guru tata niaga mahasiwa Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang / Siti Komariyah

Komariyah, Siti (2016) Pengaruh kemampuan efikasi diri (self efficacy) terhadap kesiapan menjadi guru tata niaga mahasiwa Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang / Siti Komariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Komariyah S. 2016. PengaruhKemampuanEfikasiDiri (Self Efficacy) TerhadapKesiapanMenjadi Guru Tata NiagaMahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata NiagaJurusanManajemenUniversitasNegeri Malang.Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. GatotIsnani M. Si. (II) Dr. AniekIndrawati S. Si. M.M. Kata kunci efikasidiri kesiapanmenjadi guru Kesiapandiriseorang guru jugadipengaruhiolehkemampuanefikasidiri (self efficacy).Efikasidiriikutmempengaruhiseseorangdalammenentukantindakan yang akandilakukanuntukmencapaitujuannya termasuk di dalamnyaperkiraanterhadapsegala yang akandihadapi. Sebagaicalon guru efikasidirisangatdiperlukanuntukkeberhasilandalammengajarkanilmu yang telahdidapatkanselamamenempuhpendidikandi bangkuperkuliahan.Efikasidiri (self efficacy) terdiridaritigadimensiyaitudimensitingkat dimensikekuatan dandimensigeneralisasi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) Deskripsidimensitingkat dimensikekuatan dandimensigeneralisasi (2) Deskripsikesiapanmenjadi guru Tata Niaga (3) Pengaruhdimensitingkat dimensikekuatan dandimensigeneralisasisecaraparsialterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niaga (4) Pengaruhdimensitingkat dimensikekuatan dandimensigeneralisasisecarasimultanterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niaga (5) Pengaruhdominandimensitingkat dimensikekuatan dandimensigeneralisasiterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niaga. Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisregresi linier berganda.Variabelbebasdaripenelitianiniadalahdimensitingkat (X1) dimensikekuatan (X2) dandimensigeneralisasi (X3) denganvariabelterikatnyaadalahkesiapanmenjadi guru Tata Niaga (Y). Populasidalampenelitianiniadalahmahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata NiagaAngkatan 2012/2013 yang Terdiridari 2 offeringdan yang lulusPraktikPengalamanLapangan (PPL) yang berjumlah 73 mahasiswadengansampel 62 mahasiswa. Pengambilansampelinimenggunakanteknikproportional random sampling.Skala yang digunakandalampenelitianiniadalahskalaLikertdengan 5 opsiyaituSelaludiberiskor 5 Seringdiberiskor 4 Kadang-Kadangdiberiskor 3 HampirTidakPernahdiberiskor 2 danTidakPernahdiberiskor 1. Sumber data yang digunakanadalahdata primer yang berasaldariresponden.Teknikpengumpulan data menggunakanmetodekuesionerdanmetodedokumentasi.Untukujikelayakaninstrumendilakukanujivaliditasdanreliabilitas.Untukmengetahuikelayakan model dilakukantigaujiasumsiklasik yaitu (1) UjinormalitasdenganmelihatgrafikNormal P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Ujimultikolinearitas yang dapatdilihatdarinilaiTolerancedan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi (3) Ujiheteroskedastisitasdenganmelihatgrafikscatterplot.Kemudiandilanjutkandengananalisisregresi linier berganda. Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwa (1) Dimensitingkatdapatdiklasifikasikansudahbaik (2) Dimensikekuatandapatdiklasifikasikansudahbaik (3) Dimensigeneralisasidapatdiklasifikasikansudahbaik (4) Kesiapanmenjadi guru Tata Niagadapatdiklasifikasikansudahbaik.Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa (1) Model regresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdarititik-titikmenyebar di sekitargaris diagonal padagambargrafikNormal P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Model regresitidakterjadigejalamultikolinearitas. Jadi model regresilayakuntukdigunakan (3) Model regresitidakterjadiheteroskedastisitasterlihatpadagambargrafikscatterplottidakmembentuksuatupolatertentudanmenyebarsecaraacak di atasdan di bawahangka 0 padasumbu Y. Berdasarkanhasilujihipotesismenunjukkanbahwa (1) Tidakadapengaruh yang signifikanantaradimensitingkatterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niaga (2) Tidakadapengaruh yang signifikanantaradimensikekuatanterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niaga (3) Ada pengaruh yang signifikanantaradimensigeneralisasiterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niaga (4) Ada pengaruh yang signifikanantaradimensitingkat dimensikekuatan dandimensigeneralisasisecarasimultanterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niagasebesar18% sedangkansisanyasebesar 82% dipengaruhiolehfaktor lainsepertikematangan (maturation) dankecerdasan (5) Variabeldimensigeneralisasimempunyaipengaruh yang dominanterhadapkesiapanmenjadi guru Tata Niagayaitusebesar 17%. Berdasarkanhasilpenelitianini penelitimenyarankan (1) BagiJurusanManajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niagadikhususkanbagidosen Tata Niagalebihmengenalkan model danmetodepembelajaran yang bertujuanmeningkatkankemampuanefikasidiriterhadapkesiapanmahasiswauntukmenjadi guru dalam proses kegiatanbelajarmengajar (2) Bagimahasiswadapatmengembangkanpengetahuannyatidakhanya di bangkuperkuliahansajaakantetapijugadenganmengikutiberbagai seminar tentangkeguruan mencobamenyusunperangkatpembelajaransecaramandiri menjaditentordalambimbinganbelajar menyusundanmengerjakantugas-tugassecaramandiri memanfaatkankebijakan yang diberikandanditetapkanolehpihakuniversitasdalamrangkameningkatkanpengalamanpraktikmengajar sertamenekunibidangstudi yang sedangdipelajari agar setelah lulus siapmenjadi guru Tata Niagadandapatmenjalankantugasdantanggungjawabnyadenganbaik (3) Bagipeneliti yang tertarikuntukmelanjutkanpenelitianinisebaiknyaperludilakukanpenelitianlebihlanjuttentangvariabel lain yang dapatmempengaruhikesiapanmenjadi guru Tata Niagaselaindarikemampuanefikasidiri (self efficacy) sepertikematangan (maturation) dankecerdasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item