Pengaruh kompetensi profesional guru dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Sella Nuridasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi profesional guru dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Sella Nuridasari

Nuridasari, Sella (2016) Pengaruh kompetensi profesional guru dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Sella Nuridasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuridasari Sella. 2015. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutrisno M.M (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata Kunci Kompetensi Profesional Guru Pemanfaatan Sarana Prasarana Motivasi Belajar Proses belajar-mengajar ditentukan oleh faktor pendidik (guru). Guru dalam pandangan siswa dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk mendorong semangat belajar siswa. Apabila didukung oleh sarana prasarana yang lengkap maka siswa akan lebih termotivasi dalam belajar. Semakin tinggi kompetensi profesional guru serta pemanfaatan sarana prasarana maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi kompetensi profesional guru pemanfaatan sarana prasarana dan motivasi (2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar (3) pengaruh pemanfaatan sarana prasarana terhadap motivasi belajar (4) pengaruh kompetensi profesional guru dan pemanfaatan sarana prasarana secara simultan terhadap motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas penelitian kompetensi profesional guru (X1) dan pemanfaatan sarana prasarana (X2) dengan variabel terikat yaitu Motivasi Belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 101 siswa. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 81 siswa yang dihitung dengan rumus Slovin sedangkan untuk menentukan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Linkert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi profesional guru pemanfaatan sarana prasarana dan motivasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang diklasifikasikan baik (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan pemanfaatan saran prasarana secara bersama-sama terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah (1) guru diharapkan mempertahankan dan memaksimalkan kemampuan kompentensi profesional dan sarana prasarana belajar (2) Bagi siswa diharapkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga siswa memiliki nilai/kualitas belajar yang semakin meningkat (3) Bagi orang tua hendaknya memberikan dukungan arahan bimbingan dan dorongan dalam kegiatan belajar (4) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27953

Actions (login required)

View Item View Item