Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penataan barang dagangan (studi pada kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Ainnin Dita Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penataan barang dagangan (studi pada kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Ainnin Dita Damayanti

Damayanti, Ainnin Dita (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penataan barang dagangan (studi pada kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Ainnin Dita Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Ainnin Dita. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagangan (Studi pada Kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Suharto SM. M.Pd. M.M (2) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M Kata Kunci picture and picture hasil belajar dan penataan barang dagangan Dalam proses pembelajaran di mana terlihat adanya permasalahan peserta didik yang kurang mandiri dalam belajar yang dapat menimbulkan kebiasaan belajar yang kurang baik seperti tidak betah belajar lama membolos menyontek dan mencari bocoran jawaban ketika akan ujian. Permasalahan tersebut menuntut dunia pendidikan untuk lebih baik dalam proses belajar mengajar. Kreatifitas guru dalam proses pembelajaran sangat penting termasuk menyusun model pembelajaran. Guru harus bisa menerapkan model pembelajaran yang menarik agar siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Melalui model pembelajaran yang tepat siswa akan lebih termotivasi untuk berperan aktif dalam proses belajar dan ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran Picture and Picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Kelebihan dari model Picture and Picture ini adalah guru lebih bisa mengetahui kemampuan masing-masing siswa siswa dilatih berpikir logis dan sistematis motivasi siswa untuk belajar semakin berkembang dan siswa dilibatkan dalam perencanaan dan pengelolaan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture (2) Apakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian 33 siswa kelas XI program keahlian Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2013/2014. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik (1) observasi (2) wawancara (3) tes (4) catatan lapangan dan (5) dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa aspek kognitif siklus I mengalami kenaikan nilai rata-rata sebesar 1 5 sedangkan aspek kognitif siklus II mengalami kenaikan nilai rata-rata sebesar 0 94. Hasil belajar siswa aspek afektif juga mengalami kenaikan persentase rata-rata sebesar 7 83%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture berjalan dengan lancar dan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar dalam aspek kognitif dan afektif. Saran penelitian ini adalah (1) guru hendaknya memperhatikan manajemen waktu agar tidak terjadi kendala saat penerapan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture dan dibutuhkan ketegasan pada saat pembagian kelompok sebaiknya guru yang memilihkan anggota kelompok secara heterogen bukan siswa yang memilih sendiri kelompoknya agar siswa tidak ramai saat berdiskusi dan tidak mengulur waktu (2) sebaiknya model pembelajaran kooperatif Picture and Picture dikolaborasikan dengan model pembelajaran yang lain agar siswa lebih antusias dan tertarik sehingga membuat siswa lebih aktif berdiskusi ketika presentasi berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27952

Actions (login required)

View Item View Item