Pengembangan modul dalam mata pelajaran Komunikasi Bisnis berdasarkan kurikulum 2013 (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Pawyatan Daha 1 Kediri / Mita Khurohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dalam mata pelajaran Komunikasi Bisnis berdasarkan kurikulum 2013 (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Pawyatan Daha 1 Kediri / Mita Khurohmah

Khurohmah, Mita (2015) Pengembangan modul dalam mata pelajaran Komunikasi Bisnis berdasarkan kurikulum 2013 (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Pawyatan Daha 1 Kediri / Mita Khurohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khurohmah Mita. 2015. Pengembangan Modul Dalam Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Berdasarkan Kurikulum 2013.(Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran Di Smk Pawyatan Daha 1 Kediri).Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M (II) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E M.Si. Kata Kunci Modul Pembelajaran Komunikasi Bisnis Kurikulum 2013. Perkembangan pendidikan di Indonesia mengalami kemajuan salah satunya dengan penerapan kurikulum 2013. Penerapan kurikulum 2013 bukan sekedar pergantian kurikulum tetapi menuntut perubahan dalam pembelajaran di sekolah salah satunya adalah perangkat pembelajaran yang digunakan oleh siswa yaitu modul. bahan ajar sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena dapat membantu guru maupun siswa. Oleh karena itu guru harus mampu mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Salah satu bentuk bahan ajar adalah modul. modul adalah buku yang digunakan baik oleh siswa maupun guru dalam kegiatan belajar mengajar. Materi dalam modul merupakan realisasi dari materi yang tercantum dalam kurikulum. Tujuan penelitihan adalah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran komunikasi bisnis berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran komunikasi bisnis dengan materi teknik negosiasi yang telah melalui proses validasi. Model pengembangan produk modul pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg Gall yang terdiri dari analisis kebutuhan pengembangan produk validasi ahli revisi uji penggunaan terbatas dan produk akhir. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa saran tanggapan dan kritik dari validator yang digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Hasil proses uji coba produk tersebut didukung dengan hasil validasi yang diperoleh dari ahli kepenulisan modul sebesar 97 73% ahli materi sebesar 86 10% ahli bahasa sebesar 86 50% dan uji coba pengguna siswa sebesar 85 30% sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 88 91%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Komunikasi Bisnis Berdasarkan Kurikulum 2013 dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi teknik negosiasi di SMK Pawyatan Daha 1 Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item View Item