Performa campuran aspal porus dengan bahan tambah gondorukem / Ahmad Dian Tri Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Performa campuran aspal porus dengan bahan tambah gondorukem / Ahmad Dian Tri Raharjo

Raharjo, Ahmad Dian Tri (2023) Performa campuran aspal porus dengan bahan tambah gondorukem / Ahmad Dian Tri Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aspal porus merupakan perkerasan lentur yang mempunyai ciri terdapatnya rongga dalam campuran dengan jumlah cukup besar. Pada aspal porus stabilitas yang rendah membuat pemanfaatanya terbatas. Penambahan bahan aditif ditujukan untuk meningkatkan kinerja campuran. Gondorukem adalah salah satu zat aditif yang dapat meningkatkan kelekatan antar material.Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan sifat fisik bahan campuran aspal porus dengan penambahan gondorukem (2) Mendeskripsikan performa aspal porus menggunakan gradasi RSNI-2012 dengan penambahan gondorukem melalui uji Marshall permeabilitas binder drain down dan contabro loss. Penelitian ini menggunakan metode yang diawali dengan mempersiapkan peralatan dan bahan membuat benda uji selanjutnya dilaksanakan uji Marshall untuk mengetahui nilai kadar aspal optimum. Kemudian membuat benda uji kadar aspal optimum dengan penambahan gondorukem kualitas kuning jernih (WW) dengan presentase gondorukem sebesar 0% 3% 6% 9% dan 12% terhadap berat aspal dan filler. Metode pencampuran gondorukem menggunakan metode basah yang selanjutnya melakukan uji dengan spesifikasi pada RSNI-2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Karakteristik fisik bahan campuran aspal porus dengan penambahan gondorukem memenuhi spesifikasi RSNI-2012 (2) Performa aspal porus meningkat seiring penambahan kadar gondorukem yang ditunjukkan dengan nilai stabilitas yang lebih baik. Nilai stabilitas tertinggi 695 1 kg pada kadar gondorukem 12%. Sedangkan untuk hasil permeabilitas mengalami penurunan dengan nilai sebesar 0 034 cm/s. Hasil penelitian binder drain down mengalami peningkatan pada penambahan kadar gondorukem 12% sebesar 0 085%. Hasil penelitian cantabro loss didapat sebesar 17 7% dengan kadar gondorukem 12%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279452

Actions (login required)

View Item View Item