Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi 3d untuk mata pelajaran gambar teknik jurusan desain permodelan & informasi bangunan smk negeri 1 blitar / Wahyu Hamdani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi 3d untuk mata pelajaran gambar teknik jurusan desain permodelan & informasi bangunan smk negeri 1 blitar / Wahyu Hamdani

Hamdani, Wahyu Hamdani (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi 3d untuk mata pelajaran gambar teknik jurusan desain permodelan & informasi bangunan smk negeri 1 blitar / Wahyu Hamdani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hamdani Wahyu. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi 3D untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Desain Permodelan amp Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Eko Suwarno M.Pd (II) M. Musthofa Al Ansyorie S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Teknologi 3D Gambar Teknik Animasi Beragam variasi media pembelajaran di dunia pendidikan serta peningkatan pengguna smartphone di Indonesia turut berpengaruh pada proses pembelajaran di sekolah. Namun implementasi di lapangan tidak sesuai sebagaimana mestinya menurut DI Marketing pada tahun 2016 menyebutkan bahwa penggunaan smartphone pada anak usia sekolah (game. Selain itu berdasarkan pengamatan penulis dikala melaksanakan program KPL di SMK Negeri 1 Blitar proses pembelajaran hanya terpusat oleh guru (teachered center) yang mana disebut juga sebagai metode konvensional tanpa melibatkan peran siswa aktif dan memanfaatkan media teknologi yang dapat diakses melalui smartphone. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran berbasis teknologi 3D yaitu animasi 3D yang merepresentasikan proyeksi orthogonal 2D serta memvalidasi kelayakan media pembelajaran untuk mata pelajaran Gambar Teknik. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R amp D) menurut Sugiyono (2009) yang dimodifikasi sedemikian rupa. Tahapan yang dilakukan ialah (1) Analisis Potensi amp Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk) (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Produksi Massal. Subjek yang diteliti adalah Siswa Kelas X Desain Permodelan amp Informasi Bangunan berjumlah 34 siswa sedangkan ahli materi yakni Guru Pengampu mata pelajaran Gambar Teknik serta ahli media yakni Dosen Teknil Sipil Universitas Negeri Malang. Hasil dari Penelitian Media Pembelajaran berbasis Teknologi 3D ini ialah hasil validasi dari Ahli Media dinyatakan ldquo Layak rdquo berdasarkan analisis rata-rata juga persentase sebesar 3 73 dan 93 33% serta 3 90 dan 97 50% untuk hasil validasi dari Ahli Materi. Lalu untuk hasil uji coba peserta didik dinyatakan ldquo Layak rdquo berdasarkan analisis rata-rata juga persentase sebesar 3 37 dan 84 19%. Maka dapat diambil titik kesimpulan bahwasanya penelitian dan pengembangan Media Pembelajaran berbasis Teknologi 3D pada Mata Pelajaran Gambar Teknik didapatkan hasil yang ldquo Layak rdquo dan dapat digunakan sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279450

Actions (login required)

View Item View Item