Penerapan e-learning pada pembelajaran mata pelajaran produktif Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan di SMKN 6 Malang / Jessia Titania Rossa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan e-learning pada pembelajaran mata pelajaran produktif Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan di SMKN 6 Malang / Jessia Titania Rossa

Rossa, Jessia Titania (2023) Penerapan e-learning pada pembelajaran mata pelajaran produktif Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan di SMKN 6 Malang / Jessia Titania Rossa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran daring yang dilaksanakan sebagai pengganti pembelajaran offline tatap muka yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan dari jarak jauh. Pembelajaran E-learnng tetap harus melakukan penyampaian materi pemberian tugas maupun praktikum. Seiring berjalannya proses pembelajaran E-learnng. Sekolah menemukan solusi terkait pembelajaran agar pembelajaran tetap berjalan secara hybird dengan itu sekolah memberikan solusi untuk adanya pengadaan kelas praktikum dengan kapasitas siswa 50%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana kesiapan tenaga pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran E-learnng serta evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran pembelajaran E-learning di SMKN 6 Malang menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII DPIB di SMKN 6 Malang dengan total siswa 64 dengan jumlah 31 siswa XII DPIB 1 dan 33 siswa XII DPIB 2 . Penelitian ini menggunakan instrument berupa angket. Angket tertutup yang diberikan kepada responden yang tinggal diberi tanda cek list pada kolom jawaban dengan menggunakan skala bertingkat. Skala bertingkat yang digunakan adalah skala linkert yang terdiri dari 1-4 skor. Sangat Setuju (4) sampai dengan Sangat Tidak Setuju (1). Hasil yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan bantuan program statistika microsoft excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai persentase pada kesiapan tenaga pendidik dengan kategori ldquo Baik rdquo pada kesiapan peserta didik dengan kategori ldquo Sangat Kurang rdquo . Berdasarkan hasil yang diperoleh masih adanya beberapa hambatan terutama pada proses pelaksanaan pembelajaran daring di kesiapan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 03:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279445

Actions (login required)

View Item View Item