Pengaruh blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMKN 1 Kediri / Imroatul Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMKN 1 Kediri / Imroatul Fauziah

Fauziah, Imroatul (2022) Pengaruh blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMKN 1 Kediri / Imroatul Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Blended learning adalah gabungan cara belajar dari pembelajaran daring dan offline pemanfaatan media konvensionl maupun media online dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar adalah dorongan dalam diri setiap individu dalam mencapai tujuan. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam motivasi belajar. Dari luar teman guru lingkungan sosial maupun keluarga. Faktor dari dalam adanya cita-cita yang ingin dicapai sehingga memicu keinginan untuk mencaopai tujuan tertentu. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi pengaruh blended learning dengan motivasi dan hasil belajar. sebagai kelas eksperimen XI TKP 2 sebagai penerima pembelajaran blended learning dan XI TKP 1 sebagai penerima pembelajaran daring. Penelitian ini menggunaka model penelitian kuantitatif deskriptif quasi experimental design. Dengan menerapkan model pembelajaran pada kelas XI TKP 1 pembelajaran daring sebagai kelas kontrol dan pada kelas XI TKP 2 pembelajaran blended learning sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonequivalent dan untuk pengumpulan data melalui hasil posttest angket dokumentasi dan untuk hipotesis dilakukan ujit. Hasil rata-rata nilai motivasi pada kelas kontrol 55 66 nilai kelas eksperimen 55 48. Nilai motivasi kelas kontrol lebih tinggi dari motivasi belajar pada kelas eksperimen dengan selisisih -0 51% dimana motivasi kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 2 32% pada kelas eksperimen 1 81%. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar untuk kelas kontrol 78 91 untuk kelas eksperimen 83 28. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 13 75% pada kelas eksperimen 18 59% dengan selisih 4 84%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sedangkan untuk motivasi belajar siswa tidak terdapat berpengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279443

Actions (login required)

View Item View Item