Pengembangan e-modul sketchup pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Blitar / Yudha Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul sketchup pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Blitar / Yudha Prasetya

Prasetya, Yudha (2022) Pengembangan e-modul sketchup pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Blitar / Yudha Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan dalam kurun waktu beberapa tahun ini mengalami perkembangan media pembelajaran. Hal ini tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Tenaga pendidik dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada sebagai media yang dapat mendukung keefektifan dalam proses pembelajaran. Modul yang dibuat dalam bentuk elektronik dapat disebut dengan E-Modul. Aplikasi Perangkat Lunak adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan untuk siswa jurusan DPIB (Desain Permodelan dan Ilmu Bangunan). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis media pembelajaran untuk mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak kelas XI DPIB di SMKN 1 Blitar masih kurang menarik. Media yang digunakan juga berupa e-modul namun pada e-modul tersebut kurang memiliki sajian materi yang lengkap serta penjelasan yang kurang bisa dipahami dengan mudah. Model penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Menurut Mulyatiningsih (2013) mengacu pada tahapan penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg amp Gall model pengembangan terdiri dari sepuluh langkah pelaksanaan diantaranya adalah (1) penelitian dan pengumpulan data terkait (research and information collecting) (2) perencanaan (planning) (3) pengembangan format produk (develop preliminary form of product) (5) revisi produk pertama (main product revision) (6) uji coba (main field testing) (7) revisi produk hasil uji coba (operational product revision) (8) uji pelaksanaan lapangan (operational field testing) (9) revisi produk akhir (final product revision) dan (10) diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Hasil perhitungan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus ratarata dan perhitungan tingkat persentase di atas didapatkan hasil validasi media oleh ahli media skor rata-rata 2 9 dari rumus rata-rata dan 73% dari rumus perhitungan persentase. Hasil perhitungan analisis data kuantitatif denganmenggunakan rumus rata-rata dan perhitungan tingkat persentase di atas didapatkan hasil validasi materi oleh ahli materi skor rata-rata 3 3 dari rumus rata-rata dan 81% dari rumus perhitungan persentase. Hasil perhitungan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus rata-rata dan perhitungan tingkat persentase di atas didapatkan hasil uji coba terbatas skor rata-rata 3 3 dari rumus rata-rata dan 82% dari rumus perhitungan persentase. Persentase Penilaian Hasil menurut Sudjana dalam Suparti (2016 196) tentang kriteria hasil analisis kelayakan butir instrumen maka hasil uji coba pada media pembelajaran e-modul SketchUp ini termasuk pada kategori Valid dan Layak Digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279439

Actions (login required)

View Item View Item