Kajian kinerja koordinasi simpang bersinyal menggunakan software PTV Vissim (studi kasus: Jl. Borobudur, Jl. L. A. Sucipto, Jl. A. Yani Utara, dan Jl. A. Yani Selatan) / Muhammad Ivan Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian kinerja koordinasi simpang bersinyal menggunakan software PTV Vissim (studi kasus: Jl. Borobudur, Jl. L. A. Sucipto, Jl. A. Yani Utara, dan Jl. A. Yani Selatan) / Muhammad Ivan Firdaus

Firdaus, Muhammad Ivan (2023) Kajian kinerja koordinasi simpang bersinyal menggunakan software PTV Vissim (studi kasus: Jl. Borobudur, Jl. L. A. Sucipto, Jl. A. Yani Utara, dan Jl. A. Yani Selatan) / Muhammad Ivan Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan yang cepat di bidang teknologi dan inovasi mengakibatkan meningkatnya laju pembangunan dan mobilitas masyarakat khususnya di bidang transportasi. Hal ini menjadi faktor utama yang mempengaruhi sistem kinerja lalu lintas sehingga menimbulkan penumpukan volume kendaraan atau kemacetan. Seperti halnya kemacetan di simpang A. Yani Utara dan simpang Sabilillah yang saling terkoordinasi. Penelitian ini bermaksud untuk 1) Mendeskripsikan kinerja koordinasi simpang bersinyal di Jalan Borobudur Jalan L. A. Sucipto Jalan A. Yani Utara dan Jalan A. Yani Selatan pada kondisi eksisting setelah di kaji menggunakan metode MKJI 1997 dan pemodelan software PTV VISSIM dan 2) Menganalisis solusi alternatif untuk meningkatkan kinerja koordinasi simpang bersinyal di Jalan Borobudur Jalan L. A. Sucipto Jalan A. Yani Utara dan Jalan A. Yani Selatan setelah di kaji menggunakan metode MKJI 1997 dan pemodelan software PTV VISSIM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja simpang pada kondisi eksisting berdasarkan metode MKJI 1997 didapatkan panjang antrean 352 meter dan nilai tundaan (D) rata-rata sebesar 172 9 detik dengan tingkat pelayanan simpang (LOS) F. Sedangkan berdasarkan hasil pemodelan software PTV VISSIM pada kondisi eksisting didapatkan hasil yaitu panjang antrean (Qlen) 87 7 meter dan nilai tundaan (VehDelay) rata-rata sebesar 74 8 detik dengan tingkat pelayanan simpang (LOS) F. Berdasarkan jarak antar simpang dan kecepatan kendaraan didapatkan nilai offset sebesar 11 detik sedangkan bandwidth sebesar 57 detik untuk arah utara-selatan dan untuk arah selatan-utara sebesar 32 detik . Adapun nilai efisiensi bandwith dari koordinasi kedua simpang untuk arah utara-selatan sebesar 46 3% dan untuk arah selatan-utara sebesar 26 0%. Dengan hasil kondisi eksisting tersebut kemudian direncanakan beberapa solusi alternatif guna meningkatkan kinerja simpang koordinasi. Perencanaan solusi alternatif tersebut diterapkan pada kedua acuan yaitu Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan pemodelan menggunakan software PTV VISSIM. Adapun untuk solusi alternatif yang digunakan yaitu alternatif 1 dengan perancangan ulang waktu siklus alternatif 2 dengan penambahan lebar efektif tiap lengan dan alternatif 3 dengan penerapan underpass. Berdasarkan perhitungan masing-masing solusi alternatif menggunakan metode MKJI 1997 diperoleh hasil tundaan rata-rata simpang terkoordinasi Blimbing yaitu solusi alternatif 1 berupa pengaturan ulang waktu siklus didapatkan nilai tundaan 89 4 detik/smp dengan tingkat pelayanan F pada solusi alternatif 2 berupa pelebaran lengan tiap simpang didapatkan nilai tundaan 28 5 detik/smp dengan tingkat pelayanan D dan pada solusi alternatif 3 berupa penerapan underpass didapatkan nilai tundaan 25 2 detik/smp dengan tingkat pelayanan D. Sedangkan untuk hasil tundaan rata-rata simpang terkoordinasi Blimbing menggunakan software PTV VISSIM pada solusi alternatif 1 yaitu pengaturan ulang waktu siklus didapatkan nilai tundaan 68 69 detik/smp dengan tingkat pelayanan F pada solusi alternatif 2 yaitu pelebaran lengan tiap simpang didapatkan nilai tundaan 61 detik/smp dengan tingkat pelayanan F dan pada solusi alternatif 3 yaitu penerapan underpass nilai tundaan 22 4 detik/smp dengan tingkat pelayanan C serta untuk efisiensi bandwidth dari koordinasi kedua simpang untuk arah utara-selatan sebesar 35 2% dan untuk arah selatan-utara sebesar 30 4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279438

Actions (login required)

View Item View Item