Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk siswa PKL Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti sesuai dengan kebutuhan DU/DI di SMKN 1 Blitar / Choirul Agil Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk siswa PKL Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti sesuai dengan kebutuhan DU/DI di SMKN 1 Blitar / Choirul Agil Putra

Putra, Choirul Agil (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk siswa PKL Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti sesuai dengan kebutuhan DU/DI di SMKN 1 Blitar / Choirul Agil Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putra Choirul Agil. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa PKL Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Sesuai Dengan Kebutuhan DU/DI di SMKN 1 BLITAR. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Machmud Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Eko Swarno M.Ed. M.Pd. Kata Kunci RAB Rencana Anggaran Biaya media pembelajaran aplikasi android bisnis konstruksi dan properti Program praktik kerja lapangan salah satu program dari SMK bekerja sama dengan DU/DI yang bersifat wajib tujuannya untuk menyiapkan lulusannya memasuki dunia kerja. Menurut Surachim (2016 10) kerjasama antara SMK dengan dunia kerja mutlak harus dilakukan mengingat tuntutan pembelajarn dan efektivitas dalam menghasilkan lulusan yang berkemampuan sesuai harapan masyarakat memiliki bekal kemampuan yang dapat memunculkan rasa percaya diri tinggi untuk bersaing memasuki dunia kerja yang berkembang semakin kopentitif serta melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Pada dasarnya banyak siswa SMK yang sulit atau bosan untuk belajar melalui media buku ataupun media cetak lainnya karena dianggap kurang praktis dan tidak menarik. Mereka cenderung memilih bacaan yang bersifat instan dan mudah di akses kapanpun dan dimanapun.Salah satu media yang cocok digunakan umtuk proses pembelajaran di SMK yaitu melalui smartphone. smartphone sudah menjadi kebutuhan utama pada kalangan siswa di era sekarang. Hal ini di tunjukan pada hasil wawancara penulis pada siswa SMK pada saat melakukakn kegiatan kerja praktik lapangan yang hampir dikatakan 100% semua memiliki smartphone. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis Hybrid Learning ini didasarkan pada metode Reserch and Development Sugiyono (2013 409) yang dimodifikasi. Adapun langkah-langkah dalam menggunakan metode Reserch and Development yang dimodifikasi adalah sebagai berikut (1) Need Assessment/Analisis kebutuhan (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Produksi masal. Pengambilan data penelitian ini berupa kuisioner dan teknik anilisis data menggunakan statistik deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data kualitatif dan kuantitatif dengan cara pengumpulan menggunakan lembar validasi dan lembar penilaian. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan baik menarik sesuai dan sangat layak dengan indikator hasil validasi ahli media memperoleh skor 3 8 atau 98 8% dan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 4 00 atau 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279436

Actions (login required)

View Item View Item