Efektivitas dan efisiensi penerapan pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran praktik dan teori kompetensi keahlian DPIB dan BKP di SMKN 1 Blitar / Fitri Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas dan efisiensi penerapan pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran praktik dan teori kompetensi keahlian DPIB dan BKP di SMKN 1 Blitar / Fitri Firdaus

Firdaus, Fitri (2022) Efektivitas dan efisiensi penerapan pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran praktik dan teori kompetensi keahlian DPIB dan BKP di SMKN 1 Blitar / Fitri Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sistem blok merupakan suatu pembelajaran dengan mengatur waktu belajar dengan menggabungkan jam pelajaran pada setiap pertemuan suatu mata pelajaran yang sebelumnya dilakukan setiap satu minggu sekali. Pembelajaran sistem blok di SMK ini membagi siswa berdasarkan blok-blok pembelajaran Normatif/Adaptif (Teori) dan Praktik kejuruan. Penerapan sistem blok dapat dipertimbangkan dari segi efektivitas waktu pembelajaran sistem blok dinilai cocok untuk mata pelajaran praktikum karena kemapuan motorik dalam praktikum akan lebih tepat apabila dilatih terus-menerus dengan jeda waktu yang pendek. Pembelajaran sistem blok dirasa lebih efektif pada mata pelajaran praktik atau produktif namun di samping itu juga terdapat dampak lain seperti pada mata pelajaran non-praktik atau pelajaran teori yang dirasa kurang efektif karena waktu yang kurang untuk memenuhi kebutuhan mengajar mereka sehingga guru pengajar harus dapat mengoptimalkan pembelajaran agar bisa selesai tepat waktu atau selesai pada blok Normatif-Adaptif berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran praktik dan teori. Pengembangan instrumen mengadopsi dari penelitian Sasmito (2015) dan Praasetyo (2015). Untuk menguji validitas instrumen butir soal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas tinggi pada mata pelajaran praktik dan teori pada kompetensi keahlian DPIB dan BKP dilihat dari aspek kualitas pembelajaran kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dan menunjukkan efisiensi tinggi pada mata pelajaran praktik dan teori pada kompetensi keahlian DPIB dan BKP dilihat dari aspek waktu pembelajaran pengelolaan kelas dan bahan belajar. Hasil validitas butir soal menyatakan 28 butir valid pada soal untuk siswa dan 18 butir valid pada soal untuk guru. Hasil uji reliabilitas untuk soal siswa mendapatkan 0 960 dengan kriteria sangat tinggi dan untuk soal guru mendapatkan 0 875 dengan kriteria sangat tinggi. Data yang diperoleh menyatakan bahwa pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran praktik dan teori sudah efektif dan efisien untuk dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279433

Actions (login required)

View Item View Item