Pengembangan media pembelajaran berbasis video sebagai pedoman praktik kerja industri program keahlian teknik geomatika SMK Negeri 1 Singosari / Nur Ira Mega Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis video sebagai pedoman praktik kerja industri program keahlian teknik geomatika SMK Negeri 1 Singosari / Nur Ira Mega Maharani

Maharani, Nur Ira Mega Maharani (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis video sebagai pedoman praktik kerja industri program keahlian teknik geomatika SMK Negeri 1 Singosari / Nur Ira Mega Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berkualitas baik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran diwujudkan dengan adanya perubahan atau pengembangan pada media-media ajar. Media pembelajaran yang diharapkan dapat memiliki daya tarik untuk peserta didik dan mudah dipahami dengan cepat maupun tepat dengan bantuan teknologi yang ada pada saat ini. Proses pembekalan ataupun media pembelajaran pedoman praktik kerja industri Teknik Geomatika masih menggunakan media ajar bersifat konvensional sehingga media pembelajaran kurang bervariasi. Hal ini ditambah dengan kurangnya kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia industri. Maka dari itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang baru dengan dasar ketertarikan peserta didik agar memiliki kesiapan dalam dunia industri. Penggunaan media pembelajaran berbasis video diharapkan dapat memberikan ketertarikan dan kesiapan pada peserta didik mengenai dunia industri. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video sebagai pedoman praktik kerja industri serta untuk mengetahui tingkat kelayakan dari produk video yang dihasilkan. Metode yang digunakan yaitu Research and Development atau (RnD) dengan tujuh tahapan yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Data penelitian yang didapatkan dari angket validasi desain dan uji coba produk dianalisis dengan menghitung skor rata-rata dan presentase skor rata-rata. Hasil validasi materi mendapatkan skor 3 7 (92 5%). Validasi media mendapatkan skor 3 9 (97 5%). Hasil uji coba produk video mendapatkan skor 3 28 (82 01%). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk pembelajaran maka dapat dinyatakan bahwa media pembelajan berbasis video memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik. Adapun kelebihan dari media pembelajaran ini adalah dapat memberikan motivasi peserta didik untuk mempelajari persiapan praktik kerja industri dapat meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia industri. Sedangkan kelemahan dari media pembelajaran berbasis video ini yaitu apabila peserta didik tidak mempunyai fasilitas smartphone atau laptop sehingga tidak dapat mengakses media pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279431

Actions (login required)

View Item View Item