Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran estimasi biaya Kelas XI program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran estimasi biaya Kelas XI program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Novianti

Novianti (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran estimasi biaya Kelas XI program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini merupakan bagian integral dari penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Untuk mendorong kegiatan yang efisien dan berkelanjutan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara profesional dengan memanfaatkan berbagai platform pembelajaran. Dalam situasi ini implementasi yang tepat untuk mendukung pelaksanaan tersebut membutuhkan penggunaan media pembelajaran yang sesuai. Program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Singosari masih menggunakan teknik pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Estimasi Biaya di Kelas XI yang cenderung membosankan dan tidak menarik. Selain itu pemahaman dan minat siswa terkait materi pembelajaran tersebut masih rendah. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil akademik siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan dasar elemen perhitungan volume yang berbasis video tutorial. Proses penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang dibagi menjadi tujuh tahap yaitu 1) Potensi dan permasalahan 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Uji coba produk dan 7) Revisi produk. Dengan perhitungan skor rata-rata dan persentase yang diperoleh dari hasil validasi dan pengujian produk yang menghasilkan data akhir. Hasil validasi menurut ahli materi mendapatkan hasil 3 9 dengan persentase 97 5%. Sementara untuk hasil validasi menurut ahli media mendapatkan hasil 3 95 dengan persentase 98 9%. Selain itu untuk hasil uji coba media kepada peserta didik mendapatkan nilai hasil sebesar 3 34 dengan persentase 83 5% Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial yang dihasilkan untuk mata pelajaran Estimasi Biaya memiliki tingkat kepraktisan yang sangat baik sesuai dengan nilai validasi dan hasil uji coba produk. Kesederhanaan konten dan alur kerja peningkatan motivasi di antara siswa kemampuan untuk mendukung pembelajaran individu dan peningkatan hasil belajar adalah keunggulan dari media pembelajaran ini. Sedangkan kekurangan media ini adalah hanya menawarkan konten berupa materi pembelajaran yang terbatas dan hanya dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti laptop PC dan smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279430

Actions (login required)

View Item View Item