Pengaruh motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar (studi kasus pada siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Wiwik Dyah Prastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar (studi kasus pada siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Wiwik Dyah Prastiwi

Prastiwi, Wiwik Dyah (2015) Pengaruh motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar (studi kasus pada siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Wiwik Dyah Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prastiwi W. D. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar (Studi kasus pada siswa kelas X dan XI program keahlian pemasaran di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M. (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd M.Sc. Kata Kunci Motivasi Belajar Kebiasaan Belajar Lingkungan Belajar Prestasi Belajar Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi pada motivasi belajar kebiasaan belajar lingkungan belajar dan prestasi belajar (2) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (3) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajat terhadap prestasi belajar (4) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian explanasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 102 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan lima pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) motivasi belajar kebiasaan belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran SMKN 1 Turen adalah masing-masing baik (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran SMKN 1 Turen (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran SMKN 1 Turen (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Program Keahlian Pemasaran SMKN 1 Turen. Saran dari penelitian ini adalah (1) bagi siswa tetap dapat tercapai optimal apabila siswa mempunyai motivasi dan kebiasaan belajar yang baik dan teratur agar dapat memperoleh prestasi belajar yang baik yaitu sebaiknya mengulang materi yang sudah dipelajari dan membuat jadwal pelajaran di rumah (2) bagi guru diharapkan menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan bagi siswa itu sendiri sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam hal belajar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang bervariasi sehingga meningkatkan semangat siswa dalam belajar (3) bagi kepala sekolah SMK Negeri 1 Turen memelihara suasana lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif terhadap proses pembelajaran kepada para siswa-siswanya untuk kegiatan belajar mengajar agar mendapatkan prestasi belajar ysng lebih optimal (4) Bagi Peneliti lain diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor motivasi belajar kebiasaan belajar dan lingkungan belajar yang berhubungan dengan prestasi belajar tersebut selain yang diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27943

Actions (login required)

View Item View Item